Pemerintah Aceh Tengah Jalankan program Pelatihan Berbasis Kompentensi



Aceh Tengah, MA - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah konsen menjalankan program Pelatihan Berbasis Kompentensi bagi masyarakat usia angkatan kerja, Senin 11/02/2019.


Diantara program yang di laksanakan tahun 2019 adalah pelatihan pemasangan listrik bangunan rumah sederhana, servis sepeda motor konvensional dan pelatihan menjahit pakaian.


Kepala Dinas Transmigrasi dan tenaga kerja Kabupaten Aceh Tengah, Kausarsyah menyebutkan jumlah peserta yang di latih sebanyak 318 orang, semua peserta tersebut telah melalui proses seleksi yang di lakukan sejak 17 Desember 2018 hinga 22 januari 2019, "Pelaksanan Pelatihan akan di lakukan dalam empat gelombang untuk gelombang pertama akan di mulai dari tangal 11 Februari sampai dengan 19 maret mendatang", ungkap Kausarsyah.

Metode pelatihan mengacu pada standar kompetensi kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dengan pembagian teori sebanyak 30 persen dan selebihnya 70 persen praktek yang diselingi tanya jawab.

Program patihan berbasis kompetensi yang mulai di jalankan teesebut menurut Bupati Aceh Tengah Sabela Abu Bakar merupakan bagian dari kometnen Pemerintah Daerah guna untuk menguatkan misi pemberdayaan masyarakat.

"Tujuan kita tidak hanya menurunkan angka penganguran,akan tetetapi menyebarkan peluang ekonomi yang kita harapkan mampu meningkatkan kesejehteraan masyarakat", ujar Sabela Abubakar Ketika membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Melalui Program tersebut diharapkan muncul tenaga kerja atau wirausaha baru yang mampu menciptakan lapangan kerja, dalam pembukaan acara tersebut turut dihadiri Kepala BLK Banda Aceh yang diwakili kasi perencanaan  Nova Widyastuti, dan juga diikuti sejumblah SKPK Kabupaten Aceh Tengah. (Pujo)

Popular Posts