Pembinaan Masyarakat Sadar Wisata, Ikhtiar Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jabar, Rabu (27/2/2019), saat pembinaan terhadap para Kades, Sekdes Bamusdes (BPD) di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Purwakarta, MA - Masyarakat merupakan salah satu unsur pendukung sektor pariwisata, untuk itu perlu adanya sinergi antara Pemerintah dan masyarakat dalam percepatan pengembangan sektor pariwisata.


Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, sebagai leading sektor pariwisata mengadakan pembinaan masyarakat sadar wisata sebagai ikhtiar untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar benar benar siap menerima arus kunjungan wisatawan ke purwakarta.


Kegiatan Pembinaan Masyarakat Sadar Wisata merupakan agenda rutin yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu, keliling ke seluruh kecamatan di wilayah kabupaten purwakarta.

Pada kesempatan di Kecamatan Bungursari yang bertempat di aula Kecamatan Bungursari, Acep Yulimulya, S. Sos selaku Kasi Promosi & Pengembangan Produk Wisata kabupaten purwakarta menjadi narasumber.

Menurut Kasi Promosi & Pengembangan Produk Wisata Acep Yulimulya, "Masyarakat harus mampu menangkap berbagai peluang dalam sektor pariwisata, masyarakat harus merubah mindset(pola pikir) dari mental pekerja menjadi mental pengelola, karena saat ini purwakarta menjadi daerah tujuan wisatawan," ujarnya kepada media advokasi.com usai pembinaan kepada para Kades, Sekdes, Bamusdes (BPD), dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Bungursari, Rabu (27/2/2019).

Acep menambahkan, "dalam Sektor Pariwisata, Masyarakat merupakan ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan wisatawan, oleh sebab itu masyarakat harus mampu mewujudkan kondisi yang sesuai dengan sapta pesona pariwisata.

Sapta pesona pariwisata merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan agar betah tinggal lebih lama di kawasan destinasi wisata, Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan," pungkas Acep. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts