ITB Apresiasi Kerjasama Riset IT dengan Bukalapak



Bandung, MA - Sebagai perguruan tinggi yang bergerak dari perguruan tinggi berbasis riset menuju perguruan tinggi berbasis inovasi dan kewirausahaan, ITB Bandung menanggapi baik kerja sama yang disusun dengan Bukalapak.

Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA mengatakan kerjasama ini dianggap sejalan dengan tujuan ITB untuk menjadi Entrepreneurial University yaitu Excellence in teaching and learning, Excellence in Research, dan Excellence in Innovation and Entrepreneurship.

“Kami dari ITB menyambut baik ajakan kerja sama dari Bukalapak untuk membuka sebuah laboratorium riset guna mengembangkan potensi talenta terbaik Indonesia untuk membangun Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan ITB untuk menjadi Entrepreneurial University. Harapan dari kerja sama ini semoga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan serta dapat memberdayakan talenta teknologi terbaik dari dalam negeri," ujarnya Jum'at (1/2/2019).

Pada bidang Artificial Intelligence, atau AI ITB memiliki pusat yang diantaranya adalah Pusat Studi Sistem Tak Berawak, Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi, dan Pusat Mikroelektronika.

Selain kerjasama riset, Bukalapak juga bekerjasama dalam memanfaatkan BukaBike yakni persewaan sepeda berbasis IT yang dibangun ekosistemnya oleh Bukalapak.

BukaBike merupakan sistem sewa sepeda generasi baru atau bike-sharing tanpa menggunakan sistem docking melainkan menggunakan sistem QR code melalui aplikasi Bukalapak yang dilengkapi dengan smart lock dan solar panel technology.

Solar panel akan berfungsi untuk charging smart lock saat sepeda terpapar sinar matahari.

"Sejak Januari sudah ada sepedanya dan digunakan bebas Dida. KPUD ITB," tutur CEO Bukalapak Ahmad Zaky. (yon/jo)

Popular Posts