Cegah DBD Pemdes Karangmukti Bungursari Rela Kotor Kotoran

Pemdes Karangmukti Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jabar, ajak warga untuk jaga kebersihan lingkungan.

Purwakarta, MA - Demi menjaga kesehatan lingkungan, Pemdes  Karangmukti di Kecamatan Bungursari Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, rela kotor-kotoran demi memberantas sumber penyakit  yang di sebabkan oleh nyamuk demam berdarah (DBB).


"Yang dilakukan oleh warga adalah membersihkan saluran pembuangan air, membersihkan halaman rumah, mengubur kaleng bekas, dan sebagainya. Hal itu dimulai dari perbatasan
Kampung Sukamulya RT 003/002 dan RT 004/002,  hingga ke berbatasan dengan Desa Cibodas dan Desa Cikopo, ujar H. Endin Jaenudin Kades Karangmukti Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta Provinsi Jabar, saat di temui oleh media advokasi.com, Jumat (8/2/2019) pagi.


Menurut H. Endin, setiap hari Jumat pagi, para warga selalu antusias bersama dalam rutinitas bersih-bersih, bergiliran ke seluruh wilayah Desa.


"Yang terlibat dalam kegiatan yang diberi nama Jumat Bersih (Jumsih) adalah, perangkat Desa, RT RW, tokoh masyarakat dan warga lainnya," paparnya.


Lebih lanjut lagi sambung Endin, pada saat perubahan cuaca, dari musim kemarau panjang ke musim penghujan seperti saat ini, kebanyakan nyamuk berkembang biak, termasuk menjadi nyamuk dewasa, makanya dari pada itu, selaku Pemdes Karangmukti, mengajak warga, agar secara rutin akan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).


"Saya berharap kepada warga, agar membersihkan  lingkungannya, menguras bak penampungan air, serta memelihara ikan untuk memberantas sarang nyamuk dirumahnya," pungkas Kades. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts