BUMDes Sajati Karangmukti Buka Peluang Usaha Jasa

Peresmian dan syukuran atas terbentuknya BUMDes Sajati, Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta,Provinsi Jabar.
Purwakarta, MA - Berdasarkan Peraturan Desa dan Dana Desa antara lain: UU 6/2014 tentang Desa, PP 47/2015 tentang Perubahan atas PP 43/2014 ttg Peraturan Pelaksanaan UU 6/2014, PP 8/2016 ttg Perubahan Kedua atas PP 60/2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Foto bersama pengurus BUMDes Karangmukti Sajati.
Dikarenakan di daerah Karangmukti Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa barat ini, merupakan salah satu desa yang cukup banyak terdapat area pertanian, maka dari pada itu pihak BUMDes Sajati di daerah tersebut, memanfaatkan potensi yang ada dengan membuka peluang usaha di bidang jasa angkutan barang dan peternakan penggemukan domba.

Kandang domba, milik BUMDes Karangmukti Sajati.
"Untuk jasa angkutan barang, di karenakan di wilayah tersebut merupakan daerah pertanian, khususnya di tanaman padi dan palawija, maka dari pada itu, pihak BUMDes mengupayakan memfasilitasi kepentingan masyarakat melalui jasa angkutan," tutur H. Endin Jaenudi Kades Karangmukti, kepada media advokasi.com, Senin (4/2/2019) di kantornya.

Mobil yang akan di gunakan untuk Jasa Angkutan di Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Sedangkan untuk penggemukan domba, lanjut Endin, karena tingginya kebutuhan masyarakat akan daging domba untuk akiqahan dan menjelang lebaran, termasuk di dalamnya tingginya konsumsi warga, maka, Karangmukti membuka usaha tersebut.

"Untuk penggemukan domba, di kelola oleh para tokoh agama, dan hasilnya akan di manfaatkan untuk kesejahteraan para pemuka agama, selain itu juga kedepannya akan ada penambahan insentif bagi perangkat desa," jelasnya.

Kemarin, pada hari tanggal 1 Januari 2019, baru saja selesai di resmikan BUMDes yang di hadiri oleh Drs Nurfalah selaku Plt Camat Bungursari, mudah mudahan saja kedepannya BUMDes Sajati tersebut dapat maju bersama warga sekitar, pungkasnya. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts