BPS Gelar Latihan SUSENAS di Nusa Indah



Gayo Lues, MA - Badan Pusat Statistik Kabupaten Gayo Lues menggelar pelatihan Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2019, Kamis (07/02/19) di Aula Hotel Nusa Indah, Kp. Kutelintang, Kec. Blangkejeren. Acara itu digelar selama tiga hari (7-9 Februari 2019) yang dibagi dalam dua tahap.

Dihadiri oleh Sekdakab H. Thalib, S. Sos. MAP, Kepala BPS Gayo Lues Sardi, SE. MSI, dan para peserta pelatihan yang terdiri dari 10 orang PMS, dan 29 otang PCL (Petugas Pencacah Lingkungan).

Dalam laporanya Sardi mengatakan, pelatihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, gunanya untuk memberikan penyegaran kepada petugas baik itu pengawas atajpun pencacah lapangan agar kinerja para petugas sesuai dengan target survey di lapangan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendataan saat melakukqn survey ke lapangan. Selain memotret karakteristik sosial ekonomi dari survey ini nantinya akan lahir beragam indikator sosial dan ekonomi yang sangat penting rumah tangga, seperti angka kemiskinan makro ," kata Sardi, SE. MSI. 

Sementara itu Sekdakab dalam sambutanya mengatakan, pembangunan ekonomi merupakan pondasi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tiap daerah hanya dapat dilihat maju-mumdurnya perekonomian identik dengan naik-turunya kesejahteraan masyarakat dalam berbagai sektor perekonomian.

Indikator-indikator pembangunan ekonomi seperti: pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat pengangguran, wajib dicermati secara berkala. Dalam hal ini, peran Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyedia data primer menjadi sangat penting.“BPS Gayo Lues dalam waktu dekat akan melakukan survey sosial ekonomi nasional. Karena itu saya meminta agar semua pihak yang terlibat terutama yang menjadi petugas pencacah dalam survey ini dapat bekerja dengan melaksanakan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh instruktur nasional BPS secara jujur dan profesional,” kata Sekda. (Mahara)

Popular Posts