Danrindam III/Siliwangi Harap Menwa Cegah Radikalisme Masuk Kampus

Danrindam III/Siliwangi pimpin apel resimen mahasiswa.

Bandung, MA - Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusno hadi, S.I.P, S.H, M.H, membuka Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa se-Jawa Barat Gelombang II tahun 2019, di Lapang Kujang Rindam III/Siliwangi Jalan Manado Kota Bandung, Selasa (29/1/19).

Sebelum mengikuti Diklatsarmil ini para peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus oleh tim penguji. Tahapan-tahapan seleksi yang harus ditempuh diantaranya, seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, akademik dan wawancara. Dari 494 orang peserta seleksi yang dinyatakan lulus dan dapat mengikuti Diklatsarmil tercatat 251 orang se Jawa Barat.

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusno hadi, S.I.P, S.H, M.H dalam sambutannya menyatakan kiprah Menwa sangat penting dalam menyikapi fenomena saat ini, karena Menwa memiliki kapasitas yang dirasa sangat pas untuk mencegah perpecahan di lingkungan akademis.

“Menwa harus mampu menangkal dan menyaring radikalisme yang masuk di lingkungan kampus dengan cara menyebarkan virus-virus bela negara, kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air,” tandas Danrindam.

Menurutnya generasi muda merupakan aset yang sangat penting bagi suatu bangsa, di mana generasi mudalah yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan suatu bangsa.

Melalui Diklatsarmil Menwa Mahawarman ini diharapkan para siswa makin meningkatkan kualitas insani dalam konteks bela negara. Dengan momentum Diklatsarmil ini akan membentuk para siswa untuk menjadi elemen masyarakat terlatih.

“Keberadaan Menwa dalam struktur sosial kemasyarakatan masuk dalam katagori generasi muda yang terdidik dan terlatih. Bahkan kalian merupakan perwira masa depan Bangsa Indonesia yang akan mampu merubah bangsa dan negara ke arah yang lebih baik, ” tuturnya.

Hadir pada acara tersebut, Asops Kasdam III/Siliwangi, perwakilan Korwil Kemenhan, perwakilan Kapolrestabes dan tamu undangan lainnya. (yon/bb)

Popular Posts