Warga Cikopo Purwakarta Dirugikan Oleh Aktivitas Pangkalan Militer

Warga Cikopo, tergelincir terjatuh dari sepeda motor, akibat jalan licin, saat melintas kampung Krajan Rt 06/03 desa Cikopo

Media Advokasi, PURWAKARTA- Warga desa Cikopo dan sekitar yang sering melintas di daerah milik salah satu pangkalan militer milik TNI di Cikopo, mengaku sangat di resahkan dengan keberadaan aktivitas pembangunan pangkalan militer disana. Kondisi jalan di sekitar lokasi menjadi licin dikala musim penghujan seperti sekarang ini.

Yang sangatlah merasakan dampaknya adalah warga Kampung Krajan Rt 06/03 Desa Cikopo. Bahkan warga di desa Cibodas dan desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat. Warga di tiga desa di Purwakarta itu, mengaku sering mengeluhkan kondisi dengan jalan yang berdebu di musim kemarau panjang, beberapa waktu lalu. Sedangkan dikala musim penghujan seperti sekarang dampaknya jalan tersebut menjadi licin.

Hingga sampai berita ini ditulis, kondisi jalan tersebut terpantau di penuhi oleh tanah merah yang sengaja di angkut menggunakan kendaraan Dump truk berukuran besar yang mengangkut tanah melalui jalan Krajan. Untuk melaporkan hal ini, warga tak berani, karena khawatir akan di ancaman oleh aparat TNI.
Kondisi jalan lingkungan yang kini menjadi licin karena aktivitas angkutan dari pembangunan pangkalan militer milik TNI AU

" Jelas sekali dalam hal ini nampaknya warga yang tinggal dan sering melakukan aktivitas di sana merasa sangat di rugikan oleh adanya proyek pembangunan pangkalan militer milik TNI AU Pak, siapa yang harus kami mintai pertanggungjawabannya apabila terjadi kerusakan terhadap kendaraan kami, termasuk apabila kami terjatuh dari sepeda motor, siapa yang akan menanggung biaya berobatnya,"jelas Hadi seorang warga yang kebetulan melintas di jalan Krajan Cikopo, ketika dikonfirmasi oleh media advokasi.com Kamis (6/12/2018).

Sementara itu menurut keterangan dari beberapa sumber mengatakan bahwa pihak pemerintah desa setempat pun tak berani banyak mengambil tindakan tegas, karena pernah di datangi oleh sejumlah petugas disana.

"Tadi pagi ada lagi warga yang tergelincir jatuh dari sepeda motornya hingga luka luka-luka dan kendaraannya menjadi rusak," sebut Hilman.
Surat keberatan warga melalui pemerintah desa Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat, atas aktivitas kendaraan dump truk, sehingga tanah merah yang diangkut tersebut, berceceran ke jalan lingkungan

Warga masyarakat mengaku kesal dengan aktivitas angkutan tanah merah dari pangkalan militer disana, namun warga, Pemerintah setempat pun tak berkutik dan tak mampu berbuat apa-apa. 

Dikonfirmasi terkait hal itu, menurut keterangan Nurhadi Sekdes Cikopo mengatakan, pihak desa pada hari ini telah melayangkan surat kepada pihak Danpos tentang keberatan atas aktivitas disana yang di tandatangani oleh Dasewan Husien, Kepala desa Cikopo. Mudah-mudahan saja keberatan warga melalui desa, di tanggapi serius oleh pihak TNI AU," pungkas Nurhadi tersambung melalui telepon selulernya. (Yusup Bachtiar) 

Popular Posts