Wabup Cianjur Dipastikan Jadi Plt Bupati.


Sekda Jabar Iwa Karniwa.
Bandung, Media Advokasi -, Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman dipastikan akan menjadi Plt Bupati Cianjur pasca OTT Bupati Irvan Rivano Muchtar oleh KPK pada Rabu (12/12/2018) kemarin.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan agar roda pemerintahan di Cianjur tetap berjalan maka Wakil Bupati Herman Suherman sesuai aturan akan menjadi Plt. "Ketika Bupati  berhalangan, Wabup Cianjur Herman Suherman secara otomatis jadi Plt," katanya di Bandung,saat si konfirmasi wartawan, Jumat(14/12/2018)

Menurutnya hal ini sesuai Undang-undang nomor 23 tahun 2014 dimana sesuai mekanisme, apabila kepala daerah tengah mengalami proses hukum maka jabatan Bupati dijalankan Wakil Bupati. "Jadi ini bersifat otomatis sesuai aturan," ujarnya.

Proses penunjukan Herman sebagai Plt sendiri secara resmi akan ditetapkan dalam surat resmi dari Menteri Dalam Negeri yang akan diberikan pada Gubernur Jabar. "Selanjutnya SK akan diserahkan langsung pada Plt bersangkutan, sementara kami masih menunggu suratnya," katanya.

Pihaknya mengaku sangat prihatin terulangnya kejadian tangkap tangan kepala daerah di Jabar oleh KPK. Dia mengaku Pemprov berharap tertangkapnya Bupati Cirebon Sunjaya menjadi kasus terakhir. "Harapan kami sih terakhir, ternyata terjadi di Kabupaten Cianjur," ujarnya.

Kejadian kesekian kalinya dinilai Iwa menjadi pelajaran pahit dan juga menjadi penyadaran bagi aparat pemerintah di Jabar. (yon/Pun)

Popular Posts