Pindad Luncurkan Sistem Pengamanan Transportasi Perkeretaapian.



Bandung, Media Advokasi -, Pindad bersama Group perusahaannya, Pindad Global Source and Trading (PGST) bekerjasama dengan partner bisnis Malaysia, AZTI me-launching Platform Intrusin Emergency Stop (PIES) atau juga dikenal Atau dengan Guideway Intrusion Detection System (GIDS). PIES merupakan suatu platform sistem pengamanan di bidang transportasi perkeretaapian untuk mendeteksi intrusi manusia di guideway pada LRT/MRT.

PIES juga sebagai sistem keamanan pada platform yang terbukti dengan lebih dari 30 tahun catatan operasional yang dapat diandalkan untuk mendeteksi gangguan instrusi penumpang ke area rel di depan platform/emplasemen. PIES mengirimkan isyarat untuk menghentikan kereta yang masuk atau meninggalkan stasiun setelah intrusi terdeteksi.

Direktur Utama, Abraham Mose mengatakan Pindad - AZTI - PGST akan bersama- sama  mengembangakan dan memproduksi PIES di fasilitas produksi Pindad untuk kemudian dipasarkan bersama oleh Pindad bersama dengan PGST untuk  project MRT dan LRT.

"Produk ini akan memberikan perlindungan kepada para pengguna LRT/MRT dan akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan pengelola perkeretaapian, dengan pengoperasian yang mudah dan berbiayai memadai," kata Abraham kepada wartawan di kantor Pindad Bandung.

Menurut Abraham, PIES berfungsi sebagai sistem keamanan yang reaktif dibandingkan dengan Passenger Screen Door (PSD) yang merupakan sistem keamanan preventif. Kelebihan lainnya dari PIES adalah sudah terbukti kualitasnya, sederhana dan andal.

Dirut Pindad menambahkan launching PIES merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama Pada Agustus 2018, PGST, Pindad dan Azti meliputi: membuat dan mengembangkan solusi system ini  untuk mendukung industri dalam negeri serta melatih dan melibatkan SDM, klien, sub-kontraktor   dan operator dalam negeri.Platform PIES ini merupakan produk terbaru di bidang industrial terutama di sektor transportasi perkeretapaian.(yon/ jo)

Popular Posts