Pemprov Jabar Berguru Pada Kesuksesan Metro Portland, Oregon Soal Tata Ruang Bandung Raya

Iwa Karniwa Sekda Prov.Jabar saat menyimak pembicara dari pihak oregon soal tata ruang di Portland
Portland, Oregon, USA, Media Advokasi—Pengelolaan Metro Portland Oregon, Amerika Serikat menata 6 kota wilayah atau distrik menjadi rujukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menata wilayah Cekungan Bandung atau Bandung Raya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Jabar Iwa Karniwa yang memimpin rombongan Pemprov Jabar mendapatkan masukan dan gambaran saat bertemu dengan Senior Public Affairs Cordinator Communications Mr Ren Kay di kantornya Metro Portland, Oregon, Amerika Serikat, Selasa (4/12/2018) waktu setempat.

"Bentuk Metro Portland hanya ada satu di Amerika dan berhasil sebagai yang terbaik di Dunia karena mampu menata 6 distrik atau kota di wilayah negara bagian Oregon,” katanya pada Humas Jabar.

Metro Portland, Oregon dianggap terbaik mengingat  rumitnya mengatur pola hubungan kota metro dan negara bagian. Dalam mengatur dan mengkoordinasikan 6 distrik yang ada tersebut dipimpin oleh Mr Tom Hughes sebagai Council President, lalu masing-masing distrik mengirimkan 1 orang perwakilan dan satu orang metro auditor.“Ke delapan orang itu dipilih melalui pemilihan rakyat yang bersangkutan,” kata Sekda.

Sekda Iwa menambahkan penjelasan ini sangat penting untuk masukan dalam rangka menata cekungan Bandung atau Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kab Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Sumedang sesuai Perpres no 45 tahun 2018 tentang Rencana tata ruang dan Rencana Wilayah cekungan Bandung.

Setelah mendapat penjelasan cukup lama, rombongan menurut Iwa kemudian melihat langsung implementasi pemanfaatan tata ruang dan pengendaliannya, serta pola transportasi yang terintegrasi dan public transport. Serta yang menarik adalah cable car yang menampung 60 orang sekali angkut dan cepat,” jelasnya.

Menurutnya studi banding yang merupakan penugasan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut akan makin komprehensif mengingat pada Rabu (5/12/2018) ini pihaknya diundang secara khusus untuk bertemu Mr Tom Hughes dan 6 perwakilan distrik lainnya.

“Sehingga Insyaallah bisa melihat pola interaksi dan strategi bagaimana mereka lebih memajukan Metro Portland, Oregon, dan kami membawa masukan yang komprehensif untuk dilaporkan pada Pak Gubernur,” katanya.(yon/humprov-jabar)

Popular Posts