PEMILIHAN IMUM-MUKIM SAWANG UTARA,ABDUL JALIL KALAHKAN 2 RIVALNYA

Aceh Utara, Media Advokasi - Kemukiman Sawang Utara Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara pada hari senin 3 desember 2018 Melakukan pemilihan Imum mukim yang lokasi pemilihan kali ini bertempat di meunasah Gampong Kuta Meuligoe. 

Dalam sambutan Ade Oscar Jailani, S.H selaku ketua panitia menyampaikan Bahwa calon Imum mukim Sawang Utara Kecamatan Sawang Kabupaten aceh Utara Kali ini Ada 3 Kandidat yg mendaftar Dan ke tiga tiganya setelah di teliti kelengkapan berkas dan kelayakan ketiga tiganya telah memenuhi Syarat sebagai calon Imum mukim Sawang Utara Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara yang di buktikan penetapan Dari Pembina pemilihan Imum mukim Kabupaten Aceh Utara. Ketiga calon tersebut yaitu Salahuddin  Abad  nomor urut 1, selanjutnya nomor urut 2  Abdul Jalil, sedangkan nomor urut 3  Syaukani Bentam. Pencabutan nomor urut sudah dilakukan jauh2 hari.

Dalam pemilihan ini dimenangkan oleh Kandidat nomor urut 2 yaitu Abdul Jalil dengan perolehan 35 suara, sedangkan Kandidat nomor 1 Dan 3 masing2 memperoleh 18 Dan 17 suara, total yg menggunakan Hak pilihnya 70 org, 3 org berhalanga hadir, total DPT 73 org.

Pada pemilihan Kali ini panitia menghadirkan seorang panelis dari universitas Malikussaleh yaitu Tgk. Hamdani, S.Ag.,MA beliau sebagai Dosen dan juga ketua bidang Hukum adat pada lembaga MAA Kabupaten Aceh Utara. Beliau mencerca beberapa Pertanyaan kepada Kandidat mengenai lembaga Imum mukim yg di dalam Qanun nomor 14 tahun 2011 tentang Pemerintah Mukim sudah di atur sedemikian bagus tetang pemerintah mukim, akan tetapi implementasinya yang belum maximal Karena keterbatasan anggaran pemkab Sehingga perangkat mukim belum bisa di bentuk sesuai amanah qanun.

Sementara Camat Sawang  Ibrahim Bardan, S.Sos berpesan kepada Siapapun yang memenangkan pemilihan Imum mukim kali ini, agar bisa bekerja sesuai peraturan yg Ada, bersinergi dengan peserta musyawarah pemilihan Imum mukim yaitu keuchik, tuha peut, Imum meunasah, Imum mesjid serta lembaga adat lainnya. Tantangan pemerintah mukim ke Depan semakin berat karena harus bisa mempersatukan gampong2 agar bisa mandiri dengan adanya Dana Desa Melalui ADD.

  Ketua panitia Pemilihan Imum mukim yaitu bung Ade Oscar Jailani, S.H kepada awak media ini memberikan informasi bahwa pemilihan Imum mukim dalam kec sawang akan di adakan 2 hari, senin Tgl 3 desember 2018 di meunasah Gampong Kuta meuligoe  pemilihan Imum mukim Sawang Utara, sedangkan hari selasa 4 desember 2018 pemilihan Imum mukim Sawang selatan, yg lokasi pemilihan nya di terselamatkan pada Aula Kantor Camat Sawang (T.Saifuddin  Alba )

Popular Posts