Mensyukuri Hasil Panen, Warga Pacing Adakan Syukuran Hajat Bumi

Karawang, Media Advokasi-Acara hajat bumi (babaritan) di Balai Desa Pacing Kecamatan Jatisari sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah s.wt , menjadi hal utama serta mempererat tali silaturahmi antar warga. Kegiatan itu sudah berlangsung bertahun-tahun di Desa Pacing  Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, dan tetap masih dipertahankan hingga saat ini.

Kepala Desa Pacing Wawan Zaelani sabtu (01/12/2018) mengatakan saat menggelar hajat bumi. “Utamanya kita syukuran kepada Allah swt, atas hasil bumi yang dilimpahkan, namun tetap tidak meninggalkan budaya sekaligus melestarikan acara gelaran babaritan ini,” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Wawan bahwa babaritan bagi sebagian masyarakat dianggap sudah seperti tradisi yang berlangsung setiap tahun.
“Hanya ungkapan syukur, juga mempererat tali silaturami dan doa nya mah tetap kepada Allah SWT sesuai ajaran agama Islam. Kalau kegiatannya ini mah murni untuk budaya agar tetap lestari,” katanya.

Ditambahkannya gelaran hajat bumi ini merupakan permintaan Warga. Bahkan, mereka sendiri yang berbondong-bondong mendanai acara tersebut dan meminta agar terus dilakukan setiap tahun. “Kita mah sesuai keinginan masyarakat saja, acara ini di gelar,"pungkasnya (yon)

Popular Posts