Mayjend TNI Tri Soewandono : Program Citarum Harum Harus Berpihak ke Masyarakat


Pangdam III Siliwangi bersama Bupati Bandung.
Bandung, Media Advokasi –, Setelah sepekan menjabat Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono meninjau kegiatan Citarum Harum Sektor I Pembibitan di Situ Cisanti, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jumat (14/12/18).sore

Hal tersebut menunjukkan eksistensinya, bahwa saat dilaksanakannya acara lepas sambut Pangdam III/Siliwangi , Mayjen TNI Tri berkomitmen akan melanjutkan Program Citarum Harum sesuai dengan instruksi presiden.

“Sebagai Panglima baru tentunya saya akan orientasi dulu, karena di dalam Citarum Harum ada 22 Sektor. Sehingga kita mengetahui dari tiap-tiap sektor, maka kita akan mengetahui kemampuan, peluang dan kendala ini harus kita pecahkan, yang ada peluang kita harus optimalkan, sehingga dengan demikian kita bisa bekerja secara maksimal,” kata Pangdam.

Jika dirinya sudah mengunjungi dan mempelajri ke-22 sektor, imbuh Pangdam, langkah selanjutnya akan diketahui mana titik berat yang harus ada penekanan khusus.

“Tekad dan komitmen Gubernur Jabar dan Pangdam III/Siliwangi bahwa Citarum Harum harus dilanjutkan, karena selain ini program yang bagus yang berpihak kepada masyarakat, program ini juga menunjukan bahwa kita di mata dunia internasional, bahwa masyarakat di Indonesia ini khususnya masyarakat Jawa Barat adalah masyarakat yang tertib dan berbudaya sehingga sungai itu bisa menjadi baik, “ tutur Pangdam.

Menurutnya, kita tidak bisa drastis menginginkan perubahan pada masyarakat, tetapi melalui pendekatan tokoh agama, dengan pendekatan-pendekatan budaya masyarakat sedikit demi sedikit pasti bisa.

“Yang jelas bagaimana kita membuat suatu program tentunya yang berpihak kepada masyarakat. Artinya masyarakat ini bisa sejahtera, masyarakat ini bisa kenyang, bisa menyekolahkan anak-anaknya, saya yakin mereka akan mendukung kita,“ tandas Mayjen Tri.

Hal yang penting pula adalah setiap kegiatan yang dilakukan harus melibatkan masyarakat, diajak masyarakat untuk bersama-sama bekerja dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhannya, karena apabila sudah terpenuhi otomatis masyarakat membantu untuk mengamankan.

Dansektor Pembibitan Letkol Inf Khairul Anam menambahkan, tugas Satgas Citarum yakni mempercepat pelaksanaan dan keberlanjutan kebijakan pengendalian DAS Citarum tentang revitalisasi di hulu Sungai Citarum.

Upaya yang telah dilakukan selama ini selain pembibitan dan penanaman pohon, satgas juga melaksanakan sosialisasi, pemberian penyuluhan-penyuluhan dan ceramah kepada masyarakat sekitar, untuk memberikan pengertian dan pemahaman agar dapat merubah mindset masyarakat dari perambah hutan menjadi petani profesional.(yon/bb)

Popular Posts