Longsor dan Kebakaran, Bencana Terbanyak di Jabar

Bandung, Media Advokasi-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) mencatat jumlah kejadian bencana alam sepanjang Januari hingga November 2018 mencapai 1.399 peristiwa.

Manager Pusdalops PB BPBD Jabar Budiman Wahyu menyebutkan, dari jumlah kejadian itu , bencana alam yang paling banyak terjadi adalah longsor dan kebakaran.

Longsor tercatat mencapai 452 peristiwa sementara kebakaran rumah mencapai 416 peristiwa. Sehingga dua bencana ini menjadi yang terbanyak atau lebih dari separuh kejadian bencana di Jabar. Disusul angin puting beliung dan banjir.

Sementara itu kejadian bencana alam paling sering terjadi yakni pada Bulan Februari sebanyak 279 peristiwa dan Bulan November sebanyak 189 peristiwa.

Sementara selama bulan November saja, BPBD Jabar mencatat terjadi 101 kejadian longsor dan menyebabkan 11 orang meninggal dunia. Pada bulan Desember, potensi bencana banjir dan longsor masih tinggi sehingga diharapkan kewaspadaan masyarakat dalam mengahadapi bencana alam. (yon/Jo)

Popular Posts