Dinas Pertanian Pijay Anjurkan Pola Tanam JEJAR LEGOWO Kepada Petani.


Muhammad Nur, SP. M.Si, kabid Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya

Pidie Jaya, Media Advokasi -, Dinas Pertanian Pidie Jaya anjurkan pola tanam Jejar Legowo kepada petani padi sawah dalam rangka menggalakkan Tanam Serentak kabupaten Pidie Jaya. Hal itu diungkapkan Muhammad Nur kepada media ini, Selasa, 18/12/2018.

Tanam padi, Pola tanam jejar legowo (2.1) di kecamatan Meureudu, Pijay.

Pola tanam Jejar Legowo merupakan salah satu pola tanam yang agak baru bagi masyrakat tani kabupaten Pidie Jaya, sedangkan di daerah lain di Aceh sudah beberapa tahun telah digalakkan pola tersebut. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie Jaya, drh. Muzzakir melalui Kabid Ketahan Pangan, Muhammad Nur, SP. M.Si kepada jurnalis media ini mengatakan kemudahan-kemudahan yang dirasakan petani dalam menanam padi pola jejar legowo ini (2.1) cukup banyak.

"Banyak kemudahan yang didapatkan oleh petani pada pola jejar legoyo ini (2.1) dibandingkan pola tanam biasa, diantaranya, bibit padi lebih hemat sampai 50%, perawatan hama, ngerumput dan pemupukan lebih gampang karena ruas jarak antara satu jejar dengan jejar lainnya cukup memiliki ruang," ucap Muhammad Nur.

M. Nur juga menjelaskan bahwa hemat bibit tersebut disebabkan karena penanamannya cuma satu batang atau dua tiap satu lobang tanam. Dalam satu Naleh (1/4 h) cuma membutuhkan bibit sekitar tiga (3) kg benih saja.

Selain itu, lanjut Muhammad Nur, "Pertumbuhan padipun begitu leluasa karena sinar matahari terpancar rata, tanaman bebas berphotosintesis dan hembusan angin bisa masuk ke seluruh ruas padi dari arah kiri dan kanan. Dengan demikian, umbi padi bebas tumbuh dan beranak banyak, kadang mencapai dua-puluhan lebih batang padi per lubang tanam. Ketika padi berbunga, bijinya bisa aman berayun-ayun dipermainkan hembusan udara, sehingga biji padi padat dan berisi penuh," ucap Sarjana Ilmu pertanian yang juga menggondol magister ini.

"Untuk itu, para petani diharapkan bisa menggalakkan pola tanam (jejar legowo) ini, karena selain hemat bibit dan mudah perawatannya, juga hasil panen yang diperoleh juga lebih besar dibandingkan dengan pola tanam biasa. Harapan utama dari pemerintah Pijay melalui dinas pertanian agar masyarakat tani Pidie Jaya, dengan menggalakkan program serentak juga dikombinasi dengan pola tanam 2.1 kita harapkan masyarakat tani kita akan lebih sejahtera dan makmur," pungkas kabid Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya ini.

Popular Posts