Dinas Pertanian dan Pangan Pijay Gelar Sosialisasi Tanam Padi Serentak Dengan Petani

Pidie Jaya, Media Advokasi - Dalam rangka meningkatkan hasil panen yang lebih lumayan dan perawatan padi yang mudah, pihak Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya melaksanakan sosialisasi Tanam Padi Serentak dengan para petani di kabupaten Pidie Jaya, Kamis, 6/12/2018.

Acara yang digelar di kantor Penyuluhan Pertanian dan Pangan Pijay, dihadiri kurang lebih 200 petani yang meliputi, imum mukim, keujruen blang, kelompok tani dan petani bertujuan memberikan arahan tentang manfaat tentang Tanam Serentak bagi petani padi sawah.

M. Nur. Kabid penyuluhan Pertanian dan Pangan Pidie Jaya

Sekretaris Pertanian dan Pangan Pidie Jaya melalui Kabid Ketahanan Pangan Muhammad Nur, S.P. M.Si, mengatakan bahwa banyak manfaat yang bisa dirasakan petani padi sawah jika para petani menggalakkan masa tanam serentak.

"Tanam Serentak Padi Sawah banyak sekali manfaat bagi petani, disamping mengelola airnya sangat mudah juga hama padi akan berkurang karena sudah terbagi-bagi. Insya Allah hasil panenpun akan meningkat," sebut Muhammad Nur.

Masih menurut Muhammad Nur, pihaknya telah membuat aturan khususnya daerah Meureudu, Meurah Dua dan Ulim akan ditutup masa tanam padi alhir Desember 2018.

"Kita harapkan kesadaran para petani lewat keujruen blang bahwa untuk tanam padi akhir tahun 2018 ini, akan kita tutup masa tanam padi pada akhir Desember ini. Insya Allah pertengahan dan akhir Maret 2019 Pidie Jaya akan tiba masa panen," ucap Muhammad Nur.

Tujuan kita bukan untuk menyulitkan para petani, tapi sebaliknya justru memudahkan. Baik itu perawatan hama maupun mengkunsumsi air sawah, apalagi ini masih musim hujan. Sebab kemakmuran utama masyarakat lebih didominasi oleh hasil pertanian. Jika pertanian merosot dan anjlok, anjlok pula perdagangan dan lain-lain, jelas Muhammad Nur. 

Selain sosialisasi tanam serentak, pihak dinas pertanian juga menyediakan (membagi) kaos yang berlogo Tanam Serentak dari Dinas Pertanian dan pangan Pidie Jaya.

Popular Posts