Bupati Pidie Jaya Buka Bursa Inovasi Desa Diakhir Tahun

Bupati Pidie Jaya, H. Aiyub Abbas membuka acara bursa inovasi desa di gedung Tgk. Chik Pante Gelima Fundation

DPMG Pidie Jaya gelar Bursa Inovasi Desa yang melibatkan 800 an peserta di Gedung Tgk Chik Pante Gelima Fundation, Cot Trieng, Meureudu, Kamis 6/12/2018.

Hadir pada acara tersebut bupati Pidie Jaya, sekda, asisten 1, kapolres Pidie, Dandim Pidie, para SKPK, Muspida, para camat, tokoh agama, perwakilan desa tiap desa dua orang dari 222 desa, perwakilan mahasiswa dan sejumlah wartawan.

Sebelum Bupati Pidie Jaya H. Aiyub Abbas yang akrab disapa Abuwa membuka acara bursa inovasi desa, terlebih dulu bupati dan para peserta menyaksikan Videotron yang diputar dan ditampilkan melalui layar tancap di dinding gedung aula. Pada videotron tersebut menampilkan budidaya Buah Naga dengan cara tanam dan perawatan yang intensif, dengan hasil yang memang sangat membanggakan. Tapi itu terjadi di daerah lain di luar Aceh.

Peserta perwakilan 222 desa pada acara bursa inovasi desa Pijay
ihadapan ratusan peserta Abuwa mengharapkan agar para petani desa di Pidie Jaya juga bisa mencontohkan pertanian tersebut yang menggunakan dana desa, namun bupati juga berharap agar masyarakat Pijay memaklumi iklim di Pijay tidaklah sama dengan iklim di Berastagi. Maka tanaman yang dibudidayakan dengan menggunakan dana desa atau dana sendiri harus benar-benar sesuai dengan kondisi lahan dan iklim daerah yang mendukung.

Lebih lanjut Abuwa juga berpesan bahwa tanaman yang akan dikembangkan tidak mesti Buah Naga, masih banyak tanaman lain di daerah kita yang bisa dikembangkan.

"Tidak mesti buah naga, buah semangkapun bisa kita budidayakan di daerah kita, seperti yang pernah dilakukan para petani kita saat pergantian pola tanaman di sawah, yaitu sehabis pemanenan padi," jelas Abuwa beberapa saat sebelum mengetuk palu pembuka acara. 

Sementara Kadis DPMG Pidie Jaya, Ir. Mukhlis dalam sambutannya mengatakan bursa inovasi desa yang digelar diakhir tahun 2018 ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam merangsangkan para petani untuk memajukan pertanian dengan dibidang buah-buahan yang hasilnya bisa menambah anggaran rumah tangga para petani itu sendiri.

"Bursa Inovasi Desa merupakan bentuk pemaparan hasil tamaman di daerah lain yang berhasil dikembangkan dengan hasil yang amat membanggakan. Justru itulah di Pidie Jaya ke depan kita harap bisa membudidayakan tanaman buah yang hasilnya bisa kit eksport ke daerah lain," ucap Mukhis.

Mukhlis juga melanjutkan bahwa inti dari bursa inovasi ini bertujuan memaparkan kepada masyarakat desa bahwa dengan anggaran dana desa bukan hanya bisa membangun bangunan fisik semata, tapi juga bisa membangun kegiatan pertanian bagi masyarakat desa yang hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat tersebut, pungkas Muklish. 

Popular Posts