Baznas Kota Bandung Naik Rp7 Miliar Hingga September 2018.

Walikota Bandung.

Bandung, Media Advokasi -, Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung meraup zakat sebesar Rp 26 miliar hingga September 2018. Jumlah tersebut meningkat signifikan sekitar Rp7 miliar lebih dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu tak lepas dari zakat yang disampaikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung.

“Rp26 miliar terdiri dari beberapa sumber. Diantaranya, Tunjangan Kerja Dinamis ASN Pemkot Bandung, Zakat Infaq Sodakoh (ZIS) masyarakat maupun Bank jasa,” ungkap Ketua Baznas Kota Bandung, Maman Abdurahman acara Rapat Kerja Baznas Kota Bandung Tahun 2018, di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Sabtu (22/12/18).

Menurut Maman, dana yang diterima oleh Baznas akan dikelola dengan sebaik mungkin. Dana tesebut akan disalurkan kepada yang membutuhkan dan menghasilkan manfaat yang baik. “Kita salurkan dan bantu. Bukan untuk konsumtif tetapi lebih produktif,” tuturnya.

Baznas Kota Bandung menyalurkan dana yang terkumpul melalui sejumlah program. Diantaranya Bandung Cedas mencapai Rp1,6 miliar, Bandung Sehat (Rp261,4 juta), Bandung Peduli (Rp6,2 miliar) dan Bandung Makmur (Rp2,2 miliar) serta Bandung Takwa (Rp2,7 miliar).

Wali Kota Bandung Oded M Danial menegaskan ya merupakan pelaksanaan salah satu rukun Islam. Zakat mendekatkan hamba kepada Tuhannya dan dapat menambah keimanannya.

“Tetapi pengelolan harus benar sesuai dengan syariat. Zakat itu adalah amanah. Maka pengelolaan zakat, infak, sedekah, adalah amanah,” ujar Oded saat pembukaan Rapat Kerja Baznas Kota Bandung.“Titipan dari pemberi infaq jangan sampai terkhianati. Perlu dikelola dengan rasa tanggung jawab,” imbuhnya. (yon/humkot.bdg)

Popular Posts