Antibiotiknya harus dihabiskan yah !

Health, Media Advokasi - "Diminum sampai habis ya " seperti itu lah kata-kata dokter saat kita menerima obat antibiotik. Saat ini antibiotik sudah tidak terasa asing lagi bagi kita, hanya saja pemakaiannya masih banyak yang salah dan tidak sesuai dengan prosedur.

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi dengan cara membunuh bakteri dan menekan atau menghentikan proses biokimia di dalam bakteri tersebut.

Antibiotik digunakan untuk melumpuhkan bakteri dan tidak bisa digunakan untuk melawan virus seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, batuk, infeksi sinus, infeksi telinga.

antibiotik ( sumber : id.kisspng.com )

Harus habis
Dalam mengonsumsi antibiotik harus sesuai dengan waktu yang ditentukan dokter. Dokter akan menjelaskan dosis yang tepat dan biasanya kita akan disarankan untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari. Antibiotik yang diresepkan harus dikonsumsi sampai habis. Hal ini mencegah bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik. Apabila bakteri belum mati tapi penggunaan antibiotik sudah berhenti, bakteri akan tumbuh kembali dengan kemampuan kebal terhadap antibiotik.

5 jenis antibiotik yang paling sering digunakan : 

1. Amoxicillin
Merupakan golongan penicillin. Penggunaan untuk infeksi gigi, kulit, telinga, saluran napas dan saluran kemih

2. Cefadroxil
Merupakan generasi pertama golongan Cephalosphorin. Penggunaan untuk infeksi kulit dan saluran kemih

3. Erythromicyn
Merupakan golongan makrolid yang sering diberikan untuk pasien yang alergi terhadap penicillin. Penggunaan untuk pengobatan pneumonia atipik.

4. Ciprofloxacin
Merupakan golongan floroquinolon dan paling mutakhir saat ini. Penggunaan untuk infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas dan kulit.

5. Tetrasiklin
Merupakan antibiotik pilihan utama untuk penyakit infeksi kelamin seperti chalmydia dan gonorrhea atau sering disebut kencing nanah. (chr)

sumber :
id.kisspng.com
www.alodokter.com
hellosehat.com


Popular Posts