ALAT PENGOLAH PANGAN SUMBER APBA 2018 MASIH MEMILIKI KEKURANGAN


Kepala Dinas Pangan dan Holtikultural Kab. Aceh Tenggara

Aceh Tenggara, Media Advokasi - Alat atau mesin  pengolah pangan yang dibagikan pada kelompok usaha industri rumah tangga yang dibagikan September yang lalu,  untuk 18 kelompok tersebar di enam belas kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, akan tetapi ada alat tersebut masih ada kekurangan.

Kelompok Usaha Pengolah Pangan mengoprasikan alat bantuan


Supriansyah, SP Kepala Dinas Pangan dan Holtikutura, Kabupaten Aceh Tenggara, Senen (10/12) di ruangan kerjanya, mengatakan kita sangat mendukung bantuan alat atau mesin pengolah pangan, untuk kelompok industri rumah tangga, namun alat tersebut masih ada kekurangan, contohnya alat pengolah bahan mie, dari bahan jagung itupun hanya menggiling tepung, sementara alat pemecah biji jagung tidak ada, dan juga alat permentasi pengering bahan untuk jadi tepung, begitu juga pengadon mie.

 Kelompok Usaha Pengolah Pangan saat menerima bantuan alat/mesin pengolah pangan


Jadi untuk memecahkan biji jagung harus membawa keluar dan menggunakan ongkos, jadi untuk tahun depan kita usulkan dari sumber dana yang sama, akan tetapi untuk menambahi alat yang telah ada seperti pengolahan mie mulai dari pemecah jagung, alat permentasi pengering, alat adonan dan alat cetak mie selaigus, sehingga para kelompok pengolah lahan dapat memanpaatkan alat tersebut hingga siap jual.

Kadis Pangan dan Holtikutura, berharap kepada 18 kelompok yang menerima bantuan alat pengolah pangan, agar dapat memanpaatkan dan menggunakan dengan baik sehingga dengan adanya bantuan tersebut dapat emningkatkan pendapatan serta penghasilan bagi anggota pengurus kelompok, dan kelompok tersebut dapat berkembang dan tambah maju. (IZ)

Popular Posts