Gerak Jalan Sehat Menyongsong Pemilu Serentak TA.2019, Jajaran Polres Bener Meriah Kerahkan Personil Untuk Pengamanan


Bener Meriah, Media Advokasi - Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli,SH.,SiK.,M.Si dampingi PLT Bupati Bener Meriah Dalam Pelepasan Peserta Gerak Jalan Sehat Menyongsong Pemilu Serentak Tahun 2019, pelepasan peserta gerak jalan sehat dilaksanakan sekira pkl.09.00 Wib, yang dilepas dari kantor KIP Bener Meriah dan memutar pasar simpang tiga. serta kemabali ke kantor KIP.jum’at” (02/11/2018)

Acara tersebut di hadiri oleh Plt Bupati Bener Meriah, Sekda Kab. Bener Meriah, Kapolres Bener Meriah. Dandim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah, para Asisten Setda Kab. Bener Meriah. Anggota DPRK Bener Meriah, unsur Forkopimda dan forkopimda plus Kab. Bener Meriah, para Kepala Dinas Badan dan Kantor dalam jajaran Pemda Kab. Bener Meriah.

Ketua KIP Bener Meriah beserta staf, para Bakal Calon Anggota DPRA dan DPR Kab. Bener Meriah. Kabag Ops Polres Bener Meriah, Kasat Intelkam, Kasat Sabhara, Kasat Lantas, Kapolsrk Bukit, para Ketua Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019, para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), para panitia Pemungutan Suara (PPS) Se Kab. Bener Meriah, Ketua TP-PKK dan Darmawanita Kab. Bener Meriah beserta Anggota serta para tamu undangan -/+ 500 orang yang mengikuti acara tersebut.


Sambutan Ketua KIP Bener Meriah sdr. Muharudin menyampaikan saat ini kita berada dipenghujung dua tahapan besar yaitu Tahapan Pencalonan dan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, Tugas akhir Tahapan Pencalonan adalah pelaksanaan Singkronisasi data DCT dengan data Calon pada aplikasi Silon guna persiapan pencetakan Surat suara.

Sementara itu tugas akhir Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih pencermatan akhir DPT HP-2 yang akan ditetapkan sebagai DPT Perjalanan panjang Tahapan Pemilu 2019 dengan berbagai Pemilu 2019, Tahapan yang sedang berjalan adalah pelaksanaan kampanye pemilu tahun 2019 yang telah dimulai sejak tanggal 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019 yang akan datang.

Sosialisasi adalah suatu Tahapan Pemilu yang terpanjang yang berlangsung sepanjang Tahapan Pemilu 2019, yaitu mulai dari 17 Mei 2017 s/d 17 April 2019, Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu dalam bentuk Tahapa Jalan Sehat yang dilaksanakan KIP Bener Meriah hari ini adalah merupakan implementasi dari rencana kegiatan sosialisasi Pemilu kepada masyarakat luas, untuk mengingatkan masyarakat pemilih akan pentingnya menggunakan hak pilih dalam pemilu 2019.

Target dari diadakannya kegiatan Jalan sehat ini adalah untuk menumbuhkan Gerakan Sadar Pemilu dikalangan masyarakat Pemilih Bener Meriah sehingga dengan demikian tingkat partisipasi Pemilih di Bener Meriah akan meningkat dari Pemilu sebelumnya.

Dua Tahapan besar yang masih tersisa bagi Komisianer KIP yang baru. tahapan Pilkada dan juga sebagai Tahapan Penentuan tahapan Pemilu, ditandai dengan pemungutan dan Penghitungan Suara dan Tahapan Rekapitulasi Penghitungan Suara, Dua Tahun Puncak setiap Pemilu dan dari serangkaian panjang pelaksana terpilihnya wakil rakyat pada semua tingkatan dan terpiliihnya Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.


Sedemikian pentingnya tahapan tersebut maka harapan satu-satunya masyarakat pemilih Bener Meriah tertuju kepada pihak Penyelenggara, dalam hal ini KIP dan Panwasih Bener Meriah berkomitmen tinggi dari Penyelenggara untuk tetap berada pada jalur yang benar yaitu tetap idependen, netral, non partisan, tidak memihak, serta menegakkan azas dan aturan Pemilu secara berkeadilan atau legal treatmen tanpa tebang pilih.

Sukses Pemilu 2014 dan Pilkada 2017 dapat dijadikan referensi bahwa KIP Bener Meriah beserta Panwaslih telah dapat mengawal amanah rakyat dengan terpilihnya 25 anggota Dewan Yang Terhormat, ditandai dengan partisipasi pemilih mencapai 86 % dan tidak ada sengketa Pemilu terdaftar di MK dan juga sukses Pilkada 2017 dengan tujuh pasangan calon terbanyak ke dua di Indonesia setelah Nagan Raya, dengan 9 paslon.

KIP Bener Meriah beserta Panwaslih dan jajaran telah menorehkan suatu Prestasi Pilkada yang Damai, Aman, Demokratis dan Berintegritas dengan tingkat partisipasi pemilih 82 % di Bener Meriah sehingga peralihan estapet kepemimpinan di Kabupaten Bener Meriah dapat Demikian berlangsung dengan lembut dan indah.

Namun sayang, mungkin sudah menjadi suratan takdir bagi Penyelenggara Pemilu bahwa capaian hasil Pemilu tersebut belum cukup membuat para Politisi dan Birokrasi di Negeri ini menjadikannya sebagai Referensi Pemilu yang lembut dan indah atau disebut juga a smooth and beautifull general ellection.

Mungkin kedepan kita harus banyak belajar lagi tentang bagalmana menghormati seorang Pemimpin. Jangan pernah kita berpikir untuk melengserkannya apalagi dengan cara-cara inkonstitusional atau ‘menggunakan tangan lain’ yang dianggap konstitusional, Sebab UUD 945 pasal 27 telah mengamanatkan kepada kita bahwa ” setiap orang bersamaan kedudukannya di dalam Hukum dan Pemerintahan” Menggunakan tangan lain’ untuk menetapkan Keputusan Penting dalam penyelenggaraan Pemilu seperti Berguru kepalang ajar, bagaikan bunga kembang tak jadi ” artinya Apabila sesuatu ilmu itu atau pelajaran atau tindakan yang tidak sempurna dipelajari atau bukan ahlinya, maka tidak mendatangkan suatu manfaat malah bisa mengundang bencana.

potensi konflik terbesar dalam Pemilu adalah Kredibilitas, Netralitas dan Professionalisme Penyelenggara, Jika anda memutuskan untuk menjadi penyelenssara pemilu tidak ada jalan lain untuk selamat kecuali komitmen untuk menjalankan ke tiga faktor tersebut. Lembaga KIP harus dijaga, dilindungi, didukung dan dihormati.

Arahan Plt Bupati Bupati Bener Meriah Tgk H. Syarkawi dalam arahannya menyampaikan mudah-mudahan Kab. Bener Meriah Jauh lebih maju dibandingkan dengan Kabupaten lain dan mari kita pelihara besama-sama situasi yang aman dan damai di Kab. Bener Meriah. menjaga tahapan Pemilu harus berjalan aman, baik dan lancar sehingga proses Pemilu dapat dinyatakan dengan baik dan benar.

Ami dari jajaran pemerintahan tetap menjaga demokrasi di kab. Bener Meriah dan kami sangat kami menghargai proses yang berjalan di Legislatif (Komisi A) yang telah merekrut komisioner KIP Bener Meriah telah dapat menjalankan tugasnya dengan baik. kami Apresiasi kepada KIP dan Panwaslih sehingga dapat terselenggaranya Pemilu dengan sebagai mana mestinya, terimakasih kepada penyelenggara yang telah menjalankan proses Tahapan Pemilu berjalan dengan damai sampai tuntas.(Pujo Prayetno)

Popular Posts