Antisipasi Runtuh dan Jamaah Membludak, Mesjid Hikmah I Dibangun Ulang


MAKASSAR, Media Advokasi - Mesjid Hikmah 1 yang terletak di Jalan Gunung Nona Nomor 32 Kelurahan Pisang Selatan Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar rencananya akan dibangun ulang para pengurus mesjid dan para jamaah.

Tempat ibadah yang berdiri sejak tahun 1965 lalu ini sebenarnya sudah beberapa kali mengalami renovasi. Renovasi tersebut diantaranya diadakan di tahun 1985 dengan melakukan pemasangan tegel keramik dan pergantian atap. Tahun 2005 dilakukan penambahan tiang tengah sebanyak tujuh buah. Tahun 2014 dilakukan penggantian menara mesjid yang baru setinggi 27 meter. Dan di tahun 2015 hingga 2016 dilakukan pergantian plafon dan atap mesjid.

Mesjid Hikmah I sangat difavoritkan jamaah khususnya warga sekitar sebagai tempat beribadah yang nyaman dan strategis.

Jamaah mesjid tersebut bukan hanya berasal dari warga Kelurahan Pisang Selatan. Tapi juga berasal dari warga Kelurahan Mangkura, warga Jalan Gunung Batu Putih, Jalan Bulukunyi, Jalan Gunung Latimojong bahkan warga dari Kecamatan Makassar.

Hasil pertemuan pengurus mesjid dan para jamaah sepakat untuk melakukan pembongkaran dan pembangunan total secara bertahap sebelum  terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya runtuh di bagian-bagian tertentu disamping itu juga untuk mengantisipasi membludaknya jamaah pada saat sholat Jumat.

Adapun dana pembangunan mesjid ini sampai selesai masih mengandalkan celengan setiap Jumat dan sumbangan dari donatur.

Ketua Panitia Pengurus Mesjid Hikmah 1, Hertasni Naim didampingi Koordinator Pembangunannya, Rizal Deng Bila mengatakan, sangat optimis mesjid ini akan terbangun karena masih banyak masyarakat yang mau menyumbang sebagai tabungan amal jariah.

"Tanggal 9 bulan ini diadakan Tabligh Akbar dan besoknya langsung dibongkar untuk dimulai pembangunan," ungkap Rizal. Kamis, (8/11/18). (Syarifuddin)

Popular Posts