Warga Mani'is Minta Pemda Purwakarta Periksa Pembuangan Kotoran Sapi Ke Jalan

Kotoran sapi, di buang oleh peternak yang kabarnya di Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur ini, tanpa memikirkan hak orang lain.
Purwakarta, Media advokasi - Warga di Kecamatan Mani'is Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat, meminta kepada pemerintah daerah untuk segera tangkap pelaku pembuang kotoran sapi di sepanjang jalan mulai dari perbatasan antara desa Cirama hilir Kecamatan Mani'is dan Cikalong kulon Kabupaten Cianjur.

"Kami selaku warga, risih dengan adanya kotoran sapi yang di buang pada bahu jalan, selain bau, kotoran tersebut apabila terkena hujan, meluber ke jalan, kasihan apabila pelajar terkadang terkena cipratan air kotoran sapi," ujar Saepudin warga Mani'is Purwakarta Ketika di temui oleh media advokasi. Rabu (17/10/2018).

Lebih lanjut lagi menurut Saepudin, beberapa kali warga mencoba untuk membakar kotoran tersebut, namun  lagi lagi kotoran sapi tersebut ada lagi. " Kami kesal Pak di bakar habis, eh malamnya ada lagi, kayaknya mereka para pemilik ternak tidak punya otak, buang kotoran sapi pada sembarang tempat. Kami meminta dinas lingkungan hidup (DLH) untuk menindak peternakan sapi tersebut, serta menghukumnya, pinta warga.

Sementara itu, di daerah Kecamatan Cikalongkulon dan Mariwati Kecamatan menuju ke area wisata Taman Bunga Nusantara. Ternyata di sana juga di temukan kotoran yang sama.

Menurut keterangan dari Juminta(76) warga Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur menuturkan bahwa dirinya memanfaatkan kotoran sapi tersebut untuk penyubur tanaman di kebun.
"Kotoran tersebut saya kumpulkan dan saya masukan ke karung untuk menyuburkan tanaman di kebun. Informasinya yang membuang kotoran sapi itu dari sebuah peternakan besar di Cikalongkulon, namun belum bisa dipastikan kebenarannya, pungkas Juminta Kakek tua renta yang memanfaatkan pupuk kandang itu. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts