Sentra Produksi Topi Bordir Karangmukti Purwakarta Tebus Jawa Dan Babel

H. Endin Jaenudi Kades dan Eeng Hendra Atmaja Sekdes Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jabar, saat menunjukkan hasil produksi topi bordiran.
PURWAKARTA, Media Advokasi, - Sentra rumahan produksi  topi dan bordiran komputer di desa Karangmukti Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Jabar, tembus pasar hingga DKI Jakarta, Jawa dan Sumatera.

Selain di pasarkan ke Ibukota, menurut H. Endin Jaenudi Kades Karangmukti menuturkan, pemasaran produk itu hingga sampai ke pulau Bangka Belitung (Babel) dan daerah lainnya di pulau Jawa.

"Sebanyak 50 pengusaha pengrajin topi dan bordiran komputer di sini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah, hingga sampai saat ini mereka para warga di berusaha dengan mengandalkan modal sendiri," sebut Kades Karangmukti ketika ditemui oleh media Advokasi.com Senin (01/10/208) di kediamannya.

Kades menambahkan, harapaan warga kepada pemerintah, agar membantu permodalan usaha agar bisa mengembangkan usahanya, sementara itu untuk pemasaran produk sudah ada yang pemesannya dan rutin di kirimkan seminggu dua kali ke Jakarta.

"setiap Selasa dan Sabtu, warga mengantar pesanan ke pasar tanah Abang Jakarta. Warga di daerah tersebut kebanyakan membeli mesin bordir bekas dengan harga di kisaran Rp 130-150. Juta buatan China apabila barunya berkisar Rp 250 juta ke atas, itu tergantung merk dan tipenya," tutup Kades saat memperlihatkan produk topi bordiran bersama Eeng Hendra Atmaja Sekdes Karangmukti. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts