Ribuan Buruh PT ILJINSUN Garmen Geruduk DPRD Purwakarta

Buruh PT. ILJINSUN Garmen Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jabar, adukan nasibnya ke komisi IV DPRD Kabupaten Purwakarta, untuk Carikan Solusi.
Purwakarta, Media Advokasi -  Ribuan masa buruh dari PT. ILJINSUN Garmen Bungursari, Kamis (4/10/2018) pagi, adukan nasibnya ke gedung DPRD Kabupaten Purwakarta di Mekargalih Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat.

Unjuk rasa buruh yang bekerja di perusahaan garmen milik warga kenegaraan Korea tersebut merupakan aksi lanjutan, yang sebelumnya ribuan buruh yang terdiri dari kaum wanita tersebut pernah melakukan aksi yang sama karena sudah menjelang tiga bulan terakhir, belum juga menerima gajinya.

Menurut Sinyo Rohman selaku kordinator SPSI di perusahaan garmen tersebut menuturkan, tujuan dari aksi buruh pabrik garmen kali ini dilakukan agar mendapat perhatian dari anggota dewan untuk mendapatkan hak karyawan.

"Semoga saja aksi kami di dengar oleh anggota DPRD serta mencari solusinya, termasuk pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah hak kami yang hingga kini belum di bayarkan selama tiga bulan ini," ujar Sinyo saat aksi.

Lebih lanjut sambung Sinyo, hampir dua ribuan buruh ILJINSUN, menuntut kepada perusahaan agar membayarkan gaji secara penuh,  "sejak bulan Juli dan Agustus kami hanya dibayar Rp 1 juta, lalu September Rp 750 Ribu.  Jika di bandingkan dengan UMK di Purwakarta saja besarnya Rp 2.7 Jutaan per bulan. Itu janji mereka pada saat aksi pertama kami pada bulan Juli lalu di perusahaan. Kami merasa di dzolimi dan telah di terlantarkan oleh perusahaan,  besar harapan kami permasalahan ini direspon baik oleh pihak terkait,"ucapnya.

Sebanyak 50 orang perwakilan dari buruh tersebut langsung di terima oleh anggota
komisi IV DPRD Purwakarta, Pemda Purwakarta, Disnaker dan perusahaan PT Il Jin Sun, untuk beraudiensi. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts