PLT Bupati Bener Meriah Hadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 25 Tahun 2018


Bener Meriah, Media Advokasi - Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi serta unsur Forkopimda setempat menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional Ke 25 Tahun 2018 di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kamis (11/10/2018)

Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu menyampikan, apresiasinya kepada kegiatan Hari Keluarga Nasional (HKN) tahun 2018. “Mengingat peran keluarga dalam konteks pembangunan nasional dan daerah dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan dan memiliki arti strategis, ”ujar Abuya.

Plt Bupati itu menambahkan, seiring dengan dinamika yang terjadi dalam kehidupan dimasyarakat, dimana tingkat keterikatan warga masyarakat, bahkan didalam level yang lebih kecil keluarga ini mengalami penurunan intensitas, “maka peringatan-peringatan seperti ini dianggap penting kembali untuk dilakukan, untuk membangun kembali keluarga yang harmonis, keluarga yang diidam-idamkan,”kata Tgk. H. Sarkawi.

Plt Bupati Bener Meriah itu mengatakan, kita menyadari sepenuhnya bahwa keluarga adalah basis utama bagi kehidupan masyarakat, “basis itu ada di keluarga, karena, semua kemudian kembali kepada keluarga, ketika keluarga ini kuat, maka akan terbangun desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan Negara yang kuat, tapi ketika keluarga itu lemah, maka, kita hanya berdiri dari rombongan-rombongan orang yang takut dan lemah, karena basisnya ada dikeluarga, ”terang Tgk. H. Sarkawi.

Tgk. H. Sarkawi melanjutkan, saat ini kita menyadari sepenuhnya bahwa ada banyak hal yang membuat keluarga ini kemudian mengalami permasalahan. “Hasil diskusi kami dengan bapak Kapolres dan Ketua Pengadilan juga, salah satu kasus yang paling banyak atau menonjol di Bener Meriah, setelah kasus narkoba, itu adalah kasus rumah tangga, kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual terhadap anak dan seterusnya, ini adalah masalah-masalah yang cukup menonjol, bukan hanya di Bener Meriah, tapi juga ditempat-tempat lain secara umum ini mengalami tingkat yang cukup tinggi.

," pemicunya ada beragam maca, kenapa kekerasan dalam rumah tangga itu muncul, salah satu yang paling dominan pemicunya hal tersebut saat ini adalah HP. “Ketika suami, istri dan anak berkumpul didalam rumah, masing-masing disibukan dengan HP ini, sehingga tidak adalagi komunikasi, mereka duduk bersama, tapi tidak ada komunikasi, masing-masing sibuk dengan dirinya sendiri, sibuk dengan duniannya sendiri.”ucap Plt Bupati Bener Meriah, Diahir sambutannya, Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyampaikan, selamat hari keluarga, hari kita semua, cinta keluarga cinta terencana.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlinduangan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bener Meriah Hj. Halimah, SST dalam laporannya menyebutkan, kegiatan HKN ke 25 tersebut dirangkai dengan kegiatan pelayanan KB untuk kecamatan terdekat. “Pelayanan tersebut khusus pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang yaitu, ayudi dan inplan, ”terang Halimah.

Halimah juga menambahkan, selaian itu, acara juga dirangkai dengan lounching Kampung KB, 10 Kampung KB di delapan kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah, kemudian kata Halimah lagi, dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah dan bantuan.(Pujo Prayetno)

Popular Posts