Pemuda Baraya Tangkil Bersatu ( BATASA ) Jalankan Budaya Kegiatan Ratib Mingguan.


Karawang, Media Advokasi-, Ratib juga bermakna kumpulan zikir, salawat dan doa yang disusun oleh seseorang tokoh ulama dan dijadikan amalan dengan membacanya. Ratib dengan makna khusus ini biasanya diberikan nama bersempena nama penyusun atau nama keturunan penyusun Ratib tersebut. Ada juga yang mengatakan bahawa Ratib adalah kumpulan zikir yang lebih ringkas daripada wirid.

Dalam rangka memperkuat tali silaturahmi dan mendalami cinta agama pemuda BATASA ( Baraya Tangkil Bersatu ) melakukan kegiatan Ratib mingguan yang d selengarakan di setiap rumah warga setiap minggunya di desa Citarik.

Pada acara minggu ini diadakan di rumah bapak. Adul 01/05 desa Citarik, yang di pimpin oleh Ustd. Kokom Komarudin, beserta tokoh agama lainya. Sedikitnya ada 130 orang yang hadir pada malam itu, yang di dominasi oleh pemuda-pemudi desa Citarik.


Kegiatan ini di lakukan secara terus-menerus setiap minggunya dari satu rumah ke rumah lainya secara bergantian. Hal tersebut di jelas kan oleh Ustd Kokom. " kegiatan ini sudah berlangsung lama dan berjalan dengan hikmat bahkan saya sangat senang ketika acara Ratib ini di dominasi oleh pemuda, karena bukan hanya mempererat tali silaturahmi tetapi juga menimbulkan generasi bangsa yang cinta akan agamanya" (13/10/2018) ujarnya.

Tidak hanya itu apartur desa pun sangat mengapresiasi acara tersebut. Tidak jarang Camat Tirtamulya, Kades Citarik ikut serta dalam acara ratib mingguan ini hal itu di paparkan oleh ketua rt 01/06 Bapak Rt Agus.

"kegiatan ke agamaan ini juga sering di hadiri oleh bapak Camat serta bapak Kades bahakan sering memberikan suport kepada pemuda agar tetap menjaga budaya yang positif ini terus berlangsung." Tegasnya.

Budaya yang turun temurun yang di wariskan oleh para sesepuh tokoh agama desa Citarik ini terus dapresiasi oleh seluruh masyarakat desa Citarik Kecamatan Tirtamulya.yang bertujuan mendapat ridho Allah SWT, di sisi lain untuk mendoktrin generasi penerus akan pentingnya budaya keagamaan ini,serta memberikan arahan pada generasi muda - mudi kepada hal yang positif.(suparman)

Popular Posts