Pemprov Jabar Dukung Penuh Pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)

Gubernur Jabar
Bandung, Media Advokasi – Pemprov Jabar mendukung upaya sepenuhnya Pemerintah Pusat membangun kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, kampus ini akan membuat peradaban Islam dan ilmunya bergeser dari Timur Tengah ke Indonesia.
“Saya sangat senang eksistensi universitas (UIII) ini akan menjadikan peradaban Islam dan ilmunya bisa bergeser dari Timur Tengah ke Indonesia,” gubernur usai bertemu Ketua Pembangunan Kampus UIII, Komarudin Hidayat di Gedung Sate, Selasa (9/10/18).

Ridwan pun mengusulkan agar kampus ini juga menjadi tempat berkumpulnya umat atau kegiatan keagamaan. Dengan begitu, imbuh Emil kampus ini bukan sekadar jadi “menara gading” namun juga tempat umat berinteraksi.

“Saya usulkan ada tempat manasik haji, sehingga orang manasiknya di kampus yang memang temanya Islam, tanahnya masih luas,” ujar Emil.

Ketua Pembangunan Kampus UIII Komarudin Hidayat mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu alternatif dan model bagi perkembangan Islam di dunia. Terlebih selama ini barat selalu mempersepsikan Islam adalah Timur Tengah.

Selain itu, Indonesia mempunyai pengalaman panjang tentang Islam dan demokrasi. Indonesia telah mengenal demokrasi sejak dulu, sehingga dikenal apa yang disebut musyawarah, gotong royong, seta partisipasi aktif langsung masyarakat dalam pembangunan.

“Makanya demokrasi dan Islam Indonesia itu punya akar sejarah yang kuat yang belum banyak dieksplore, dipelajari, dan dikenalkan pada dunia barat,” ungkap Komarudin.

Islam Indonesia, lanjut Komar, punya berbagai mazhab berbeda yang bisa diterima masyarakat. Hal ini dikarenakan secara kultural masyarakat Indonesia plural, sehingga ketika bertemu perbedaan telah siap secara mental.

“Ini menarik ketika kita kemudian hidup di alam demokrasi, Islam ini juga dan negara ini berkembang bareng. Ini menjadi model yang perlu dikenalkan pada dunia,” kata dia. (yon/bb)

Popular Posts