Pemekaran Kab Bandung Timur Harus Jadi Prioritas Pemerintah Pemprov Jabar.

H Dadang Rusdiana saat konsolidasi pemekaran Bandung Timur
Bandung, Media Advokasi – Anggota Komisi X DPR RI H Dadang Rusdiana SE M.Si menandaskan, pada prinsipnya otonomi daerah itu lebih banyak mengandung sisi positif untuk makin meningkatkan partisipasi publik. Kang Darus, sapaan Dadang Rusdiana ini menilai, pemekaran Kabupaten Bandung Timur harus jadi prirotas program pemekaran wilayah di Jawa Barat oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Oleh karena itu, kata Kang Darus, semua pihak baik bupati maupun gubernur sesuai dengan kewenangannya masing-masing, harus segera mendorong percepatan terbentuknya Kabupaten Bandung Timur. Sebab pemerintah pusat sendiri pada dasarnya akan menyetujui, asalkan sesuai peraturan perundangan dan bila semua tahapannya sudah terpenuhi.

“Tapi yang selama ini terjadikan, masih ada hambatan-hambatan di dalam proses penyelesaian di tingkat pemerintahan daerah, juga terlalu kuat tarik menarik politiknya dalam upaya pemekaran Bandung Timur itu,” ungkap Kang Darus kepada Balebandung.com usai konsolidasi relawan Darus di RM Kurma Jl. Raya Bypass Bandung-Garut KM 26, Desa Tenjolaya Kec.Cicalengka Kab. Bandung, Jumat (5/10/2018).

Padahal mestinya, imbuh Darus, ketika aspirasi masyakarat Bandung timur ingin segera menghendaki adanya pembentukan Kabupaten Bandung Timur, itu harus direspon dengan cepat baik oleh bupati maupun gubernurnya.

“Jadi, saya pribadi sebagai anggota DPR RI dari Dapil Kabupaten Bandung, mendorong sepenuhnya terwujudnya Bandung Timur. Dari dulu saya memang sudah mendukung. Dan saya yakin Ridwan Kamil ini gubernur yang responsif, sehingga saya optimis keinginan masyarakat Bandung timur untuk mewujudkan daerah baru itu akan segera tercapai,” tandas Caleg DPR RI Dapil Kab bandung dari Partai Nasdem ini.

Dari hasil aspirasi masyarakat serta musyawarah antara kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menghendaki adanya pemekaran, urai Darus, maka harus segera direspon oleh bupati bersama dengan DPRD, kemudian nantinya dirapatkan oleh Komisi II DPR RI bersama Kemendagri.

“Saya kira sudah saatnya Bupati juga harus legawa untuk segera menindaklanjuti aspirasi masyarakat Bandung Timur. Sebab setelah mekar nantinya, saya yakin percepatan pembangunan Kabupaten Bandung Timur ini akan luar biasa di bawah Gubernur Ridwan Kamil,” kata Dadang.

Terlebih lagi menurutnya Kabupaten Bandung Timur itu lebih layak untuk dimekarkan ketimbang daerah-daerah lain yang sudah dimekarkan. “Jadi, harus jadi prioritas pembentukan daerah baru untuk Kabupaten Bandung Timur itu. Sebab secara objektif, bila melihat potensi yang ada, ini sudah memenuhi syarat. Terlebih lagi ini merupakan aspirasi bottom up, bukannya top down,” pungkas Darus. (yon/bb)

Popular Posts