Kementerian Sosial Terus Pantau Bantuan Korban Gempa-Tsunami

Mensos Agus Gumiwang.
Bandung, Media Advokasi - Menteri Sosial RI (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Kementerian Sosial telah melakukan upaya tanggap darurat untuk menangani gempa Donggala, Sulawesi Tengah.

Mensos juga telah berkoordinasi dengan Panglima TNI dalam rangka mobilisasi barang bantuan dan peralatan evakuasi yang sudah disiapkan dari Gudang Pusat Kemensos di Bekasi. Bantuan yang dikirimkan adalah 1.000 kardus makanan cepat saji, 2.000 velbed, 25 tenda serbaguna, 3000 tenda gulung, 2 paket perlengkapan dapur umum lapangan, 1.000 matras, dan 1.500 kasur.

“Kita sudah lakukan identifikasi sumber daya yang dimiliki Kementerian Sosial dan mengaktivasi sistem penanggulangan bencana bidang sosial. Baik bufferstok bantuan darurat, perlatan evakuasi, personil relawan tagana, maupun kendaraan siaga bencana,” kata Mensos dalam keterangan resminya di Bandung, Selasa (2/10/2018).

Agus mengungkapkan bantuan dari Gudang Kemensos Regional Timur yang ada di Makassar. Bantuan terdiri dari 100 velbed, 2 tenda serbaguna keluarga, 1500 matras, 3000 selimut, 200 family kit, 200 kids ware, 100 tenda gulung, 345 food ware, 100 paket sandang. Selain itu, sudah berkoordinasi dengan Pemda Provinsi Gorontalo karena di gudang Pemda Gorontalo terdapat barang dari Kementerian Sosial yang juga akan dimobilisasi ke daerah bencana.

"Kemensos juga telah memerintahkan mobilisasi bantuan darurat dari stok yang ada di Gudang Regional Timur melalu jalur darat,” ungkapnya

Kemensos, lanjut Menteri Agus, juga mengerahkan 100 relawan Tagana terdiri dari 30 Tagana Provinsi Gorontalo, 30 Tagana dari Sulawesi Barat, dan 40 Tagana dari Sulawesi Selatan. Mobilisasi kendaraan siaga bencana dari daerah penyangga berupa mobil rescue, truk, dan terutama mobil dapur umum lapangan yang bisa memasak cepat dalam jumlah besar

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan pasokan makanan dalam kondisi darurat, sedang dilakukan pembelian langsung 3000 paket lauk pauk di lokasi terdekat yang memungkin untuk bisa diistribusikan cepat ke lokasi terdampak. 

Kementerian Sosial juga menyiapkan santunan untuk ahli waris korban meninggal. Kepada mereka akan diberikan santunan sebesar Rp 15 juta untuk setiap ahli waris.(yon/Jabarprov)

Popular Posts