Karyawan UPTD Puskesmas Bungursari Purwakarta Antusias Ikut Pelatihan Damkar

Staf dan karyawan di UPTD Puskesmas Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat, ketika berusaha keras memadamkan api, di pelatihan penanggulangan bencana Kebakaran.
Purwakarta, Media Advokasi - Sejumlah karyawan dan staf kantor UPTD Puskesmas Bungursari, antusias mengikuti kegiatan. Pencegahan penanggulangan kebakaran yang di adakan oleh sebuah lembaga dari Bandung Jawa Barat, pada hari Selasa, (30/10/2018) di halaman kantor.

Yang dilakukan pada saat ini, menurut Dedi Asegaf  Lembaga Pencegahan Penanggulangan Kebakaran Indonesia (PPKI) dari Bandung adalah pembelajaran pemahaman penanggulangan bencana kebakaran, menggunakan Alat Pemadam api ringan (APAR).

"Yang harus diperhatikan dalam menghadapi bencana adalah sikap yang harus tenang, jangan panik. Kemudian siapkan alat pemadam api ringan atau yang biasa disebut APAR, atau apabila tidak tersedia, sebagai pengantinya bisa menggunakan karung goni atau kain yang di basahi terlebih dahulu, kemudian padamkan api tersebut," jelasnya.

Pelantihan memadamkan api, menurut keterangan dari Yus Hardi Kasubag TU

Sementara itu menurut Yus Hardi Kasubag TU di UPTD Puskesmas Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa barat ketika ditemui oleh media advokasi.com seusai kegiatan tersebut mengatakan.


"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf dan karyawan di UPTD Puskesmas Bungursari, sebelumnya terlebih dahulu sebelum mereka praktek lapangan, di berikan pemahaman," sebutnya.

"Jadi ini adalah sosialisasi dan edukasi tentang penanganan kebakaran termasuk bencana alam," tuturnya.

Lebih lanjut Menurut Kasubag TU yang akrab disapa Abah Dadit, sebelumnya terlebih dahulu di adakan edukasi kemudian baru dilakukan praktek lapangan.  Ternyata mereka para staf dan karyawan Puskesmas Bungursari sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini, sehingga ketika menghadapi kejadian dirumahnya, minimal mereka sudah paham bagaimana menghadapi kejadian, dan mereka tidak phobia lagi," jelas Yus Hardi kepada media advokasi.com

Tambah Abah Dadit, ini salah satu pelengkap menghadapi akreditasi Puskesmas pada tahap kedua yang akan di lakukan pada November tahun 2019, Puskesmas diharuskan untuk menyiapkan peralatan termasuk SDM nya, pungkas Kasubag TU. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts