Jembatan Penghubung Takengon Nagan Raya Terancam Ambruk

Kondisi jembatan Takengon Nagan Raya Terlihat mereng dan memperhatinkan
Aceh Tengah, Media Advokasi -  Kondisi jembatan penghubung Takengon dan Nagan Raya kini mulai ambruk. Pasalnya, akibat curah hujan yang tinggi sehingga debit air sungai Desa Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah, kini meningkat drastis sehingga menggerus pondasi jembatan jalan lintas Takengon-Nagan Raya, sehingga sisi jembatan tampak amblas kebadan sungai yang dampaknya akan terancam ambruk serta badan jalan juga berdampak patah.

Dari informasi yang dihimpun media online seorang sumber yakni Tuah Bahgie salah seorang guru Sekolah Dasar setempat meyampaikan, "Ia merasa terkejut dengan kondisi keadaan jalan dan jembatan yang sudah ambruk sehingga tidak dapat dilalui lagi, kata Tuah Bahgie, Rabu (16/10/201).

"Saya tidak tahu persis jam berapa kejadiannya, tapi pagi waktu saya mau berangkat mengajar sudah tidak dapat melewati jembatan tersebut, " ujar Tuah.

Camat Kecamatan Celala, Salman Nuri yang dimintai tanggapannya terkait masalah ini membenarkan pristiwa tersebut, menurut Salman, jembatan tersebut adalah akses penghubung antara Kabupaten Aceh dan Nagan Raya.

Selanjutnya Salman mengatakan, kondisi jembatan saat ini sangat memprihatinkan, karena pondasi jembatan sudah tergerus oleh air, sehingga dikhawatirkan jika cura hujan tetap tinggi dan debit air belum turun maka pondasi jembatan akan hanyut, sehingga akan berimbas pada amblasnya badan jalan disisi yang memang sudah patah akibat ambruknya jembatan.

"Saat ini masyarakat sudah menimbun patahan jalan dan jembatan dengan tanah, sehingga kendaraan seperti sepeda motor dan mobil ukuran kecil sudah dapat melintas," ujar Salman.

Menurut Salman, pihaknya sangat berharap kepada PU Provinsi Aceh yang ada di Aceh Tengah agar sesegera mungkin menanggulangi perbaikan jembatan penghubung jalan lintas Takengon - Nagan Raya yang berada Desa Paya Kolak ini,  karena jika hal ini tidak segera ditangani, maka dapat dipastikan jika debit air tinggi lagi, maka jembatan akan terseret arus sungai secara total, begitu juga dengan patahan jalan yang berada disisi jembatan dan jika ini terjadi, jalur Takengon - Nagan Raya dijamin akan putus total, sehingga mengisolir warga sekitar Paya Kolak hingga ke Tanoh Depet Ujar Salman.(Pujo prayetno)red

Popular Posts