Disparbud Provinsi Jabar Gelar Acara Ciletuh Pelabuhan Ratu Geopark Festival (CGF) 2018

Penari Jipeng Di acara CGF 2018. Sukabumi Jawa Barat.
Sukabumi, Media Advokasi - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat untuk keempat kalinya, kembali menyelenggarakan Ciletuh Palabuhanratu Geopark Festival (CGF) 2018, pada 12-14 Oktober 2018. Event itu dijadikan ajang uji coba geowisata.

Acara yang bertajuk Celebration of Earth ini adalah ungkapan rasa syukur karena Geopark Ciletuh Palabuhanratu telah diakui dalam jaringan UNESCO Global Geopark.

Kepala (Disparbud) Jawa Barat Ida Hernida mengatakan bentuk syukur ini dirayakan dalam rangkaian tiga hari festival. Pada 12 Oktober digelar perhelatan Syukur Bumi di Kasepuhan Sinar Resmi dan Tabligh Akbar di Panenjoan. “Untuk Pagelaran Budaya dan Pariwisata di Panenjoan digelar pada 13-14 Oktober 2018,” katanya kepada wartawan di Desa Panenjoan Kab Sukabumi, Sabtu (13/10/2018).

Ida mengatakan ujicoba geowisata menjadi salah satu sasaran penyelenggaraan CGF2018 untuk meningkatkan giat pariwisata dalam kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark. Karenanya selain kegiatan di venue utama, kegiatan tersebar di 18 area geosite Geopark Ciletuh Palabuhanratu, yaitu Kasepuhan Sinar Resmi, Geyser Cisolok, Pantai Citepus, Geopark Information Center, Pantai Palabuhanratu, Jembatan Bagbagan, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, Pantai Loji, Puncak Gebang, Puncak Darma, Puncak Aher, Desa Budaya Girimukti, Panenjoan, Puncak Manik, Bukit Cinta, Bukit Panyawangan, Pantai Palangpang, Leuwi Kenit.

“Penyelenggara menyediakan paket-paket wisata daytour dan halfday tour yang dapat diikuti oleh wisatawan yang hadir di CGF2018,” katanya.

Untuk akomodasi, kata Ida, wisatawan boleh memilih untuk tinggal di homestay, ataupun membawa tenda sendiri di area camping dalam CGF2018.

Menurut Ida, lebih dari 6000 peserta akan memeriahkan CGF2018 ini yang terdiri dari 300 seniman, melibatkan performer dari mancanegara, dengan kegiatan monumental pemecahan rekor dunia Tari Jipeng yang diikuti oleh lebih dari 5000 peserta dan diprediksi akan mendatangkan lebih dari 15.000 wisatawan selama penyelenggaraan acara.

Acara ini didukung oleh Kementarian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sukabumi, lebih dari 10 hotel dalam kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, dan didukung oleh lebih dari 25 komunitas dan asosiasi pariwisata. (Yon/bb)

Popular Posts