Disdik Pidie Jaya Kembali Melatih 200 Pendidik PAUD

Saiful, M.Pd, kadisdik Pijay
Pidie Jaya, Media Advokasi - Dinas Pendidikan (Disdik) Pidie Jaya kembali melatih 200 guru PAUD setelah tahun sebelumnya (2017) juga melatih sebanyak 400 peserta didik dari kalangan guru Pendidikan Anak Usia Usia Dini (PAUD). Pelatihan tersebut berlangsung di Aula kantor bupati Pijay, sejak 23 sampai 26 Oktober 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Disdik Pidie Jaya, Saiful Rasyid MPd mengatakan, pelatihan bagi 200 tenaga pengajar (guru) ditingkat dasar bagi guru PAUD dalam lingkungan Disdik Pijay, merupakan salah satu komitmen dan upaya dalam menyiapkan para tenaga pendidik yang berkompeten dan memenuhi kualifikasi. Sebab, selama ini masih banyak guru PAUD di Pijay yang belum memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi, yang umumnya para guru yang hanya lulusan SLTA atau jenjang pendidikan Strata Satu (S1) bukan bidang PAUD.

Para guru PAUD Pijay yg ikuti pelatihan
"Kegiatan pelatihan ini merupakan upaya peningkatan kompetensi pengolola dan kwalitas Guru PAUD di tingkat dasar. Supaya mereka memikiki kopentensi dan kwalitas dalam mendidik anak anak di usia dini." ucap Saiful.

Masih menurut Saiful, Selain belum memilki kwalitas yang memenuhi level standar, mereka  juga belum mengikuti diklat berjenjang Tingkat Dasar, sehingga mereka hanya mengandalkan kwantitas bukan kwalitas. Diharapkan dengan adanya pelatihan dasar ini, kompetensi guru bisa lebih jauh meningkat lagi.

"Setidaknya, bisa memahami 10 materi dasar diklat seperti memahami konsep dasar PAUD, memahami perkembangan anak, membuat rencana pembelajaran dan mampu melakukan penilaian perkembangan anak." Jelas Saiful.

Sementara Kepala Balai Pengembangan Paud dan Dikmas Aceh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) As`ari, S.Pd, M.Pd, selaku pemateri menegaskan bahwa, "Guru PAUD harus menjadi pioneer yang memiliki integritas, etos kerja dan memiliki semangat gotongroyong dalam membangun generasi bangsa yang berkarakter dan islami di masa yang akan datang, terutama membangun generasi keemasan yang berkualitas tanpa diskriminasi di satuan pendidikan yang lebih baik," tegasnya.

Selain bapak As’ari sebagai pemateri dalam pelatihan ini, juga tampil Ety Rohaety, M.Ed.Psy dengan tema "Materi Psikologi Anak, dan fasilitator Daerah Kabupaten Pidie Jaya." (Ismail Alfatah)

Popular Posts