Dinas PU Pijay, Rehab Saluran Irigasi Lhok Sandeng, Dan Bersihkan Saluran Sepanjang 8 KM

Para pekerja sedang membabat rumput belukar yang tumbuh di bibir parit saluran irigasi, Sarah Mane - Bidok (8 KM).
Pidie Jaya, Media Advokasi - Dinas Pekerjaan Umum Pidie Jaya, melalui kabid Pengairan dan Irigasi kerjakan rehab dinding beton saluran irigasi yang rusak (bocor dan pecah) di gampong Sarah Mane dan pembersihan saluran dari semak dan lumpur sepanjang 8 km, mulai dari induk irigasi Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua sampai ke gampong Bidok, Kecamatan Ulim, Pidie Jaya.

Amatan media ini ke lokasi saluran yang rusak di gampong Sarah Mane, terlihat para pekerja sedang mengerjakan pemasangan batu heleng, yang diawasi langsiung oleh pegawai Dinas Pekeejaan Umum bidang Pengairan dan Irigasi, Senin, 15/9/2018.

Rehab dinding beton yang rusak sepanjang 26 meter dan rehab lantai beton 60 meter dikerjakan langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui Bidang Pengairan dan Irigasi Pidie Jaya, menggunakan anggaran Operasional saluran irigasi tahun 2018.

Selain rehab dinding beton dan lantai, juga pembersihan sampah, lumpur dan bibir saluran dari semak dan rumput sepanjang 8 (delapan) km, juga menggunakan dana operasiomal (Op) tahun 2018.

Pegawai yang mengawasi irigasi dan pengairan Dinas Pekerjaan Umum Pidie Jaya, Nasruddin yang yang dikonfirmasi media ini di lokasi mengatakan, bahwa sudah sekian lama saluran irigasi ini tidak pernah dibersihkan.
Sebagian saluran yang sudah dibersihkan.
"Saluran irigasi ini sudah lima tahun lebih tidak dibersihkan, makanya lumpur sudah tertimbun tinggi dan rumput dibibir saluran sudah jadi belukar. Kalau tidak salah sudah lima tahun lebih," ucap Nasruddin.

Menurut Nasruddin, bea yang menghabiskan untuk rehab dan pembersihan mencapai puluhan juta rupiah.

Nasruddin juga berharap agar pembersihan operasional rutin ini untuk dilakukan setiap satu tahun sekali, agar lumpur dan rumput tidak terlalu farah, dan beapun tidak terlalu besar untuk dikeluarkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Pidie Jaya, Bahrom Bhakti, melalui kabid Penagairan dan Irigasi, Ori mengatakan, bea yang dihabiskan untuk rehab dan pembersihan yang dianggarkan adalah adalah bea rutin operasioanal (Op), pungkas Ori singkat. (Ismail Alfatah)

Popular Posts