Daya Mahasiswa Sunda Cabang Kabupaten Bandung Gelar Pasanggiri Tingkat Pelajar

Daya Mahasiswa Sunda (Damas) Gelar Pasanggiri antar pelajar.
Bandung, Media Advokasi – Dalam rangka Milangkala Daya Mahasiswa Sunda (Damas) ka-62 yang diperingati setiap tanggal 14 Oktober, Damas Cabang Kabupaten Bandung bakal menggelar Pasanggiri Pop Sunda tingkat pelajar pada 3 November 2018. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Damas Kab Bandung dengan KKG SD, MGMP SMP dan SMA Bahasa Sunda Kab Bandung, serta Balebandung.com sebagai media partner.

“Selain dalam rangka Milangkala Damas, kegiatan ini juga dalam rangka melestarikan budaya khususnya Bahasa Sunda yang dikemas dalam bentuk lagu Pop Sunda yang edukatif,” kata Ketua Panitia Pasanggiri Pop Sunda Damas Kab Bandung Erik Achmad Albar kepada Balebandung.com, Selasa (16/10/2018).

Untuk hari pertama, pelaksanaan pasanggiri digelar di SMPN 1 Dayeuhkolot dan halaman SKB JL.R.A.A Wiranata Kusumah No. 10 Baleendah, Kabupaten Bandung. Peserta yang mengikuti pasanggiri harus membawakan lagu yang sudah ditentukan panitia, berupa materi “Kawih Asuh Barudak” yang merupakan kawih-kawih atikan yang sudah memperoleh rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat sebagai materi bahan ajar untuk membangun karakter bangsa.

“Untuk materi lomba, para peserta akan diiringi musik minus one atau karaoke.Aspek yang dinilai meliputi artikulasi dan estetika menyanyi, teknik vokal, serta ekspresi dan gaya di saat tampil,” jelas Erik.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini ini untuk mengenalkan budaya dalam bentuk bahasa sunda, melatih rasa kepercayaan diri serta mengembangkan minat, bakat siswa/siswi dalam bidang bernyayi, dan menjadi ajang silaturahmi antar sekolah dalam bentuk perlombaan tingkat Pelajar SD, SMP dan SMA Se-Kabupaten Bandung.

Bagi calon peserta yang ingin mendaftarkan diri bisa mendatangi Sekretariat Damas Kab Bandung di Jl. Laswi Desa Kawungsari Kecamatan Baleendah No 332, atau via transfer ke No Rekening 0082454659100 an Santi Nurjanah.

Biaya pendaftaran setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 100 ribu. Bagi yang sudah mendaftar secara langsung ke tempat pendaftaran, akan mendapatkan alat atau media pasanggiri meliputi: DVD lagu Pop Sunda yang menjadi lagu wajib dan lagu pilihan pasanggiri untuk membantu proses latihan.

Bagi yang melakukan pendaftaran via transfer, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 20 ribu untuk biaya pengiriman alat atau media pasanggiri. Setelah melakukan transfer, harap menghubungi panitia yang sudah ditentukan, dengan cara bengirim foto bukti transfer via Whats App 0822-4098-4089 (Santi) atau ke Yudi 0813-1317-1567. (yon/bb)

Popular Posts