Bhabinkamtibmas Polsek Wih Pesam, Hadir Di Tengan Warga Yang Sedang Bermediasi Di Kantor Desa Jamur Ujung


Bener Meriah, Media Advokasi - Berbagai upaya yang dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas didaerah binaannya untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif. tidak itu saja, personel tersebut  tidak jarang menjadi penengah untuk pemecahan masalah terjadi di wilayah kerjanya, seperti yang terlihat Brigadir Ismail salah satu Personil Polsek Wih Pesam, yang hadir di tengah warga yang sedang bermediasi di kantor desa jamur ujung yang dilaksanakan pada senin soe sekira pkl.19.00 Wib.selasa”(30/10/2018)

Dalam giat mediasi ini terlihat hadir Reje Kp.Jamur Ujung, petue Kp.Jamur Ujung, Babinsa Kp.Jamur Ujung, Bhabinkamtibmas Kp.Jamur Ujung, banta Kp.Jamur Ujung, penghulu Mekar Utama, tokoh agama,tokoh masyaraka dan tokoh adat, serta masing masing Pelaku dan Korban yang dimediasikan.

Adapun warga yang dimediasikan  terkait perselisihan antara warga yakni tgk.Ahmad Kafrawi Bin Sulaiman IB (disebut pihak pertama) dengan Paiman bin Amat Rejo yang berada di Kp.Jamur Ujung Kec.Wih Pesam Kab.Bener Meriah.

Giat tersebut bertujuan agar terciptanya trust building/partnership building antara bhabinkamtibmas dengan warga/kelompok masyarakat, sehingga terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif.


Serta  melaksanakan mediasi/pemecahan masalah adat terkait kasus perselisihan antara warga bersama Perangkat Kampung Jamur Ujung beserta pelaku dan korban yang perselisihan antara warga. membuat surat pernyataan bersama antara pelaku dan korban.

Dengan cara menghadiri acara pemecahan masalah adat bersama perangkat desa terkait kasus perselisihan antara warga dengan cara bertatap muka dan sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Dalam hal ini Kapolsek Wih Pesam Ipda M Nasir,ST sedikit menjelaskan kronologis awal cerita permasalahan, dimana pada hari senin tanggal 22 Oktober 2018, sekira pukul 15.00 Wib, pihak pertama mendapatkan informasi tentang adanya keluarga pihak kedua yang dijemput oleh teman laki-laki nya dari rumah pihak kedua, dan pihak pertama langsung menghubungi via telepon dan mengatakan “ini anak bapak jangan ada lagi nampak dijamur ujung kalau terjadi apa-apa saya tidak bertanggung jawab”

Jadi berdasarkan informasi itu pihak kedua merasa keberatan dan merasa diancam”jelas Kapolsek.

Selain itu bhabinkamtibmas berkesempatan mengingatkan warga agar waspada akan maraknya curanmor dan pencurian di rumah kosong di wilayah Bener Meriah, menghimbau warga masyarakat agar tidak mudah percaya dengan isu-isu yg dapat membuat perpecahan di masyarakat. menyampaikan kepada masyarakat agar sama2 mensukseskan pemilu pileg dan pilpres yang aman damai dan sejuk. (Bayu)”

Popular Posts