WISATA RELIGI MUSEUM AL QUR’AN RAKSASA KOTA PALEMBANG

Museum Al Qur’an Raksasa di Kota Palembang
Palembang, Media Advokasi - Museum Al Qur’an Raksasa di Kota Palembang. Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), di kenal memiliki banyak obyek wisata sejarah maupun budaya bernilai tinggi. Namun terlepas dari tempat wisata itu semua ada objek wisata di Palembang yang populer di Kalangan umat Islam, bukan hanya umat Islam di Indonesia tapi sudah terkenal sampai mancanegara.

Mungkin sebagian sudah ada yang tahu, tempat wisata religi yang menjadi favorit adalah Museum Alquran Raksasa Tempat wisata di kota palembang ini menampilkan sebuah al  quran terbesar di dunia. Alquran Raksasa ini merupakan al  qur’an terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz yang di buat pada media kayu jenis trembesi (kayu ulin).

Alquran terbesar ini sebelum resmi dipublikasikan, sengaja di pajang seluruh ayat-ayat suci di dalam ruang pamer Masjid Agung Palembang selama tiga tahun untuk mendapat koreksi dari seluruh umat. Karena terbilang langka banyak wisatawan yang datang berkunjung guna melihat secara langsung bentuk dari Al Qur’an Raksasa tersebut.

Tentang Al qur’an Raksasa di Kota Palembang.

Alquran ini diberi nama Al Qur’an Al-Akbar atau yang juga dikenal dengan sebutan Alquran Raksasa. Ayat suci Al-Quran 30 juz yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu trembesi (kayu Ulin).
Biaya yang dihabiskan tidak kurang dari Rp 2 miliar, dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter yang menjadi pemandangan luar biasa dan akan membuat takjub setiap pengunjung.

Al - quran yang diukir pada kayu ini terdiri dari 630 halaman juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Alquran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf Arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahunan, ini akan mengundang decak kagum setiam pengunjung museum Al qur’an raksasa. Al qur’an raksasa (al akbar) ini mulai dipublikasikan pada 30 Januari 2012, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) .
Publikasikan pada 30 Januari 2012, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) .
Dalam peresmian tersebut dihadiri oleh seluruh delegasi konferensi parlemen Organisasi Konferensi Islam (OKI) guna untuk meresmikan penggunaan Alquran yang disebut sebagai Alquran terbesar yang dicetak di atas lembaran kayu trembesi (kayu ulin).

Keberadaan Al Quran raksasa ini cepat terdengar kalangan masyarakat di seluruh penjuru tanah air, bahkan sampai dunia internasional juga mengakui kemegahan dan ketakjuban karya seni Islam dengan ukiran khas Palembang dan memiliki ukuran terbesar yang pernah ada ini.

Selain itu Al Qur’an raksasa ini juga mendapat pengakuan dari Muri bahkan dari parlemen negara-negara Islam yang ada di dunia tahun 2012. jadi sebagai masyarakat palembang patut berbang dengan keberadaan Al Qur’an raksasa ini.

Alamat dan Lokasi Museum Alquran Raksasa 
 
Alamat Museum Alquran Raksasa ini berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.

Bagi Anda yang ingin berkunjung di museum alqur’an raksasa ini terutama yang berasal dari luar Kota Palembang, untuk akses menuju lokasinya bisa dimulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang.

Selanjutnya bisa menggunakan transfortasi seperti taksi atau bisa juga menggunakan transportasi umum yaitu Trans Musi, kemudian turun di Halte Jambatan Musi II. dan kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkot jurusan Gandus tempat museum berada.

Bagi pengunjung yang ingin masuk ke museum Alquran Raksasa, diharuskan terlebih dahulu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,- /orang. Di museum akan ada petugas yang siap mendampingi Anda jika diperlukan untuk menjelaskan kepada anda tentang sejarah mengenai Alqur’an raksasa tersebut.

Ditempat ini anda akan secara langsung melihat keindahan kepingan alqur’an yang disusun pada bagunan bertingkat dan tertata rapi sehingga memberikan pemandangan yang luar biasa indah.
Mengunjungi Museum Al Qur’an Raksasa di Kota Palembang ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata religi saat berada di Kota palembang, Sumatera Selatan Indonesia.

Popular Posts