Pipa PDAM Bocor, Masyarakat Pengguna Jalan dan Anak Sekolah Mengeluh

Jalan yg becek akibat pipa dalam tanah bocor
Pidie Jaya, Media Advokasi - Pipa induk air baku PDAM Krueng Meureudu dan pipa aliran air bersih dari induk PDAM ke para langganan bocor di beberapa titik, yang menyebabkan pengguna jalan raya, termasuk anak sekolah mengeluh karena becek dan tergenang air. Diantara titik bocor yang farah terjadi di gampong Sarah Mane, Kecamatan Meurah Dua dan gampong Cot Mesjid, Kecamatan Ulim, Pidie Jaya.

Amatan media yang memantau langsung ke lokasi, Jumat 14/9/2018, memang kondisinya sangat memprihatinkan, seperti bocor yang terjadi di Sarah Mane, dimana pipa induknya mengeluarkan air yang lumayan deras dan mengalir menghantam pondasi MCK milik gampong setempat.

Salah seorang warga Sarah Mane yang namanya tidak mau disebutkan di media mengatakan jika pipa ini tidak ditangani secepatnya, maka perlahan-lahan kikisan air tersebut akan mejadi erosi yang akibatnya MCK gampong tersebut akan terguling.

Sementara di gampong Cot Mesjid, Kecamatan Ulim, beberapa warga menyampaikan keluhannya kepada media ini untuk dimuat di koran. Sebab mereka telah menyampaikan kepada petugas PDAM disana, namun tidak ada tanggapan. Bahkan geuchik setempat juga pernah menyampaikan keluhan ini ke PDAM di Meureudu.

Sulaiman, salah seorang pemilik warung kopi yang kebetulan pipa bocor tersebut persis di depan warungnya, bahkan jika musim hujan tiba, imbas air tersebut masuk ke teras warungnya.
"Jika kedaan hujan, bukan hanya di jalan yang becek karena genangan air, tapi juga masuk ke teras warung saya. Bahkan pipa yang bocor ini terjadi di simpang tiga jalan raya, yang tiap hari dilalui anak-anak sekolah dan masyarakat," ucap Sulaiman.

Sulaiman juga melanjutkan, "Hal ini sebenarnya sudah berlangsung dua bulan, namun sampai saat ini belum ada respon perbaikan oleh PDAM, walaupun telaj kami kabarin ke petugas PDAM, padahal PDAM ini adalah milik pemerintah lewat Badan Usaha Milik Daerah Pidie jaya."

"Coba bayangkan apabila anak-anak sekolah terjatuh di sini karena persimpangan yang becek, siapa yang bertanggung jawab." pungkasnya

Kepala PDAM Krueng Meureudu Samsul Bahri, ST, yang diklarifikasi di kantornya menjawab singkat bahwa akan segera dilakukan perbaikan.
"Akan kita tangani secepatnya persoalan pipa yang bocor tersebut. Terkait yang bocor pipa induk air baku di Sarah Mane, kita terpaksa memesan materialnya dulu dari Medan." ucap Samsul singkat.(Ismail Alfatah)

Popular Posts