Mengenal Sosok Profesor Obsatar Sinaga Yang Santun Dan Kaya Ilmu

Profesor Obsatar Sinaga
Bandung, Media Advokasi - Pendidikannya tentang Hubungan Internasional dari Sarjana (S1) sampai dengan Doktoral (S3) di Unpad telah menjadikannya rujukan sebagai Pakar Hubungan Internasional dan Teroris. Tulisannya yang banyak menjadi referensi bagi peneliti tentang AFTA dan terorisme dan radikalisme menjadi bukti mumpuninya Prof Obi dengan ilmunya.

Sosoknya yang fleksibel supel dan berwawasan luas membuat piawai membangun relasi. Kalangan Guru besar senior juga mengakui bahwa Prof Obi meski sudah menjadi profesor masih tetap santun, dan mencium tangan guru gurunya apabila bertemu.

“Saya tidak mengartikan gelar profesor saya sebagai kesamaan kedudukan, beliau-beliau yang lebih tua dan ada guru sekolah saya, harus tetap saya hormati sebagai penyebab saya bisa begini,” ucapnya merendah saat dikonfimasi media (27/9/2018)

Hal itulah yang menghantarkan dirinya dikenal oleh para pejabat tinggi dan tokoh masyarakat di negeri ini termasuk dekat dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Saat menjadi Promotor Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Megawati, Prof Obi pernah dianggap sebelah mata, namun ia berani mempertanggungjawabkannya.

“Mengisahkan bagaimana Megawati, semenjak ia berkiprah sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Presiden dan Wakil Presiden banyak yang menginspirasi untuk bangsa,” jelas Prof Obi.

Pada saat membaca pertanggungjawaban ilmiah, Prof obi menyampaikan dengan gaya dan bahasa yang menyentuh sehingga pendengar banyak yang terharu, bahkan Megawati Soekarnoputri tampak meneteskan airmata ketika mendengar kisah sebagai partai pemenang pemilu, tapi tidak jadi presiden.

Bagi dirinya, kampus bukanlah ruang kosong yang harus bebas nilai. Namun kampus adalah laboratorium filsafat, ekonomi, sosial, politik, budaya, pertanian dan lainnya untuk kemudian bisa memenuhi tuntutan masyarakat.

Karena itulah visi yang dibawanya adalah menjadikan Unpad Smart University menuju World Class University.
“Kini kita menghadapi tantangan global. Dan alumni Unpad harus mengglobal, diterima masyarakat dunia,” tegas Prof Obi. (Yon)

Popular Posts