Mahasiswa Baru Unsyiah Kampus Gayo Lues Ikuti Pembekalan Wasbang Dari Kodim 0113/Galus

Kasdim 0113/Gayo Lues Mayor Inf Iman Sukoco, S. Ag memberikan wasbang kepada ratusan mahasiswa di gedung Bale Musara, Kamis, (6/9/18)
Gayo Lues, Media Advokasi - Sejumlah ratusan mahasiswa dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Kampus Gayo Lues menerima pembekalan wawasan kebangsaan (wasbang) dari Kodim 0113/Gayo lues, Kamis (6/9/18) di gedung Bale Musara Blangkejeren.

Dandim 0113/Gayo Lues Letkol Inf MF Nasution, S.I.P melalui Kasdim Mayor Inf Iman Sukoco S. Ag  memberikan langsung pembekalan wasbang dalam kegiatan "Pembinan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru" (PASKAMARU) yang digelar oleh Universitas Syahkuala Kampus Gayo Lues.
Kasdim menyampaikan, 4 Pilar Kebangsaan di antaranya Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 hingga bagaimana sistem keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari kepulauan ini.
Hal ini tidaklah mudah karena berbagai sisi wilayah Negara kita dapat dengan mudah dimasuki oleh negara lain, namun sistem yang paling cocok dan terbukti ampuh adalah Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) dimana TNI dan Polri sebagai kompartemen utama dan masyarakat termasuk adik-adik sebagai kompartemen pendukungnya.

Dia (Kasdim) mengingatkan mahasiswa terkait proxy war, yaitu perang era moderen yang tidak diketahui lawannya tapi dapat dirasakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mahasiswa juga sudah merasakan adanya proxy war. Karenanya mahasiswa harus hati-hati dan jangan terlena. Proxy war sudah masuk ke seluruh sendi di Negara kita, baik sosial, budaya, politik dan ekonomi. Ini ancaman nyata bagi kita sebagai bangsa Indonesia

Karena situasi saat ini sangat kompleks, baik dari sisi ideologi, sosial, ekonomi, dan budaya. Materi wawasan kebangsaan kita berikan melihat perkembangan permasalahan yang terjadi saat ini yang membutuhkan perhatian serius dari semua unsur masyarakat, termasuk mahasiswa.

"Dengan perhatian semua pihak, maka diharapkan para Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Syahkuala Kampus Gayo Lues ikut dalam membangun Bangsa, paling tidak bisa tetap menjaga merah putih, dan keutuhan NKRI," tegas Mayor Iman Sukoco.
Mengakhiri arahan nya dalam kegiatan "PASKAMARU" tersebut Kasdim berepesan kepada para mahasiswa agar dapat mengaplikasikan materi pembekalan ini dalam kehidupa nyata demi kejayan Bangsa dan Negara serta keutuham NKRI," tutupnya.(Hendri)

Popular Posts