Kapolri Jadi Keynote Speaker Di Acara Simposiun International Caunter-Terorism

Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D 
Jakarta, Media Advokasi - Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D Menjadi Keynote Speaker pada Simposium Internasional "Counter-terrorism: Contemporary Strategies and Future Architecture” Kamis, 27 September 2018, Pukul 09.00 WIB di Kampus II Ubhara Jakarta .
Kapolri dalam kegiatan ini didampingi oleh PJU Mabes Polri diantaranya Wakalemdiklat, Karopenmas, dan Karoprovost.

Dalam seminar Internasional  dibuka dengan sambutan dari Prof. Hermawan Sulistyo dan dilanjutkan sambutan dari Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Utara Irjen Pol (p) Dr. (c) H. Bambang Karsono S.H., M.M., dan dilanjutkan oleh Keynote Speech oleh Kapolri.

Dalam kesempatan tersebut Kapolri menyampaikan uraian tentang perkembangan terorisme dalam tataran global dan dalam tataran domestik.

Kapolri juga menguraikan strategi yang diterapkan oleh Polri dalam mencegah dan menangani terorisme di Indonesia, yaitu dgn strategi hard approach dan soft approach secara simultan dan berkelanjutan.
"Hard approach diwujudkan dengan melaksanakan penegakan hukum/law enforcement agency led secara profesional. Tugas tersebut diemban oleh Polri dgn didukung oleh aparat intelijen dan TNI, sementara soft aproach dilakukan secara simultan dan berkrlanjutan" kata Tito

Sedangkan untuk soft approach menurut Tito diwujudkan dgn menerapkan lima strategi, yaitu deradikalisasi, kontra radikalisasi, kontra ideologi, menetralisir sarana persebaran ideologi radikal, dan menetralisir situasi yang kondusif utk persebaran ideologi radikal.

Sekanjutnya disampaikan Tito  implementasi kedua pendekatan tersebut secara simultan dan berkelanjutan terbukti cukup efektif dalam mencegah dan menangani ancaman terorisme di Indonesia.pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel, kemudian tanya jawab diakhiri dengan penyerahan cindera mata, sertifikat serta foto bersama.(Yon/Humas Mabes Polri)

Popular Posts