Inggris Tawarkan Sampah Menjadi Solar Ke Walikota Bandung

Walikota Bandung Oded M Danial Sambut Baik Tawaran Dari Inggir Sampah diolah Menjadi Solar.
Bandung,Media Advokasi-nggris menawarkan kerja sama dengan Kota Bandung di bidang lingkungan dan transportasi. Penawaran ini disampaikan langsung Deputy Head of Economics and Prosperity Kedutaan Besar Inggris, Sam Hayes saat bertemu Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Gedung Assessment Kota Bandung Jalan Cicendo, Kamis (27/9/18).

Sam Hayes sempat memaparkan konsep penanganan lingkungan “Zero Waste”. Ia menawarkan teknologi yang mampu mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar solar. “Masalah sampah, penanggulangan banjir bisa dicegah dengan pengelolaan lingkungan dari kita sendiri,” kata Sam.

Hal itu diperkuat oleh Pengelola Program Kebersihan Lingkungan Alba Runut Indonesia, Kirk Evans. Ia menyebut, sampah plastik jika dikelola dengan teliti akan menjadi hasil yang bermanfaat.

“Limbah plastik akan jadi solar dan ini cukup bermanfaat,” tutur Evans. Ia menyebut, untuk teknologi tersebut hanya membutuhkan lahan seluas 1 hektar.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sangat mengapresiasi. “Sampah memang perlu penataan agar mampu dimanfaatkan dalam berbagai hal. Plastik menjadi solar, itu inovasi yang bagus. Mengurangi potensi sampah plastik yang ada,” kata Mang Oded.

Dengan sampah sekirat 1500 ton per hari, Oded yakin memang Kota Bandung perlu inovasi pengelolaan sampah. “Kita ajak masyarakat untuk memilah sampah di rumah. Mana yang organik dan mana yang non organik. Hasilnya bisa kita manfaatkan sehingga menghasilkan nilai ekonomi,” ujarnya.(Yon/bb)

Popular Posts