Disdukcapil Pijay Gelar Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi

Asisten 1 Bupati Pidie Jaya HM. Syakur saat Membuka Rapat
Pidie Jaya, Media Advokasi - Rapat Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) dibuka Asisten 1 Bupati Pidie Jaya HM Syakur mewakili bupati Aiyub Abbas, di ruang auoa Disdukcapil Pidie Jaya,  Kamis 6/9/2018.

Perwakilan Kecamatran Foto Bersama Asisten 1 dan Nara Sumber
Rapat sosialisasi yang dihadiri oleh 120 peserta terdiri dari delapan (8) camat perwakilan kecamatan, lima (5) dari dinas kependukan dan sisanya dari para KAUR dalam 222 desa yang ada di Kabupaten Pidie Jaya, dengan pemateri dari Kepala Dinas Kepensudukan dan Catatan Sipil Pidie Jaya.
HM.Syakur, mewakili bupati Pidie Jaya pada pembukaannya mengatakan, "Kesadaran untuk sadar administrasi merupakan kewajiban setiap rakyat dalam wilayah kabupaten masing-masing dengan memperhatikan administrasi di kependudukan, guna menjaga identitas kita.
Para Peserta Rapat Sosialisasi GISA di 222 Desa
Berdasarkan Undang-Undang nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, yang mengamanatkan bahwa data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan adalah data kependudukan dari Kementrian Dalam Negeri." jelas M.Syakur.

Sementara kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menjelaskan juga manfaat dari sosialosasi tersebut juga untuk menjaga data penduduk adalah untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

Masih menurut kadis, dalam rangka mewujudkan tertibnya administrasi Kependudukan dalam Kabupaten Pidie Jaya tahun 2019, maka perlu diselenggarakan Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA)  dalam kabupaten Pidie Jaya, tuturnya.(Ismail MA)





Popular Posts