Bupati Minta Kinerja BBWS di tingkatkan Menjelang Musim Hujan

Bupati Kabupaten Bandung.
Bandung, Media Advokasi – Sinergitas Program Citarum Harum terus dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dan TNI dalam menyelesaikan persoalan Citarum.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser,SH,S.Ip.,M.Ip mengatakan kolaborasi seluruh jajaran sudah mulai berdampak. Kepedulian pemerintah untuk persoalan Citarum, sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Darah Aliran Sungai (DAS) Citarum, yang melibatkan banyak pihak.

“Karena sinergitas ini harus terus dilakukan agar percepatan pengendalian pencemaran di Citarum segera terwujud, maka dalam penyelesaian Curug Jompong dan oxbow juga, saya imbau BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum agar meningkatkan volume kerjanya, apalagi sebentar lagi masuk musim hujan,” harap Bupati Bandung saat meninjau Sektor 6 Citarum Harum bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat di Oxbow Citarum Kecamatan Bojongsoang, Rabu (26/9/18).

Lebih lanjut Bupati mengatakan peninjauan akan dilakukan ke tiga titik, yakni pengerukan sedimen sungai di Sektor 6 Bojongsoang, pemeriksaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di PT. Mitra Citarum Air Biru (MCAB) di Sektor 7 Dayeuhkolot dan peninjauan insenerator (alat pembakar sampah) di Sektor 8 Margahayu.

“Peninjauan ini dilakukan, untuk mengetahui sejauh mana progres dan permasalahan program Citarum Harum sudah berjalan. Dengan dukungan dari semua pihak, pemerintah pusat, menganggarkan dana yang terkonsentrasi untuk pengendalian pencemaran dari hulu ke hilir, dengan berbagai program,” ujarnya.

Bupati berterima kasih atas keberlanjutan Program Citarum Harum dengan melibatkan seluruh pihak termasuk masyarakat. Mulai dari pemerintah pusat, Gubernur Jabar hingga Bupati/ Walikota yang terlewati Sungai Citarum, semua tugas dan kewenangan dibagi habis.

“Saya berterima kasih atas keberlanjutan Citarum Harum. Semoga hasil peninjauan ini bisa menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi Gubernur selaku Dansatgas Citarum Harum dalam menentukan langkah terbaik sebagai upaya percepatan penataan restorasi DAS Citarum,” harap Bupati.(Yon/bb)

Popular Posts